Era E

24 September 2023 10:28

Iklan

Era E

24 September 2023 10:28

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan isolator

apa yang dimaksud dengan isolator

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

18

:

44

:

22

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

24 September 2023 10:29

Jawaban terverifikasi

<p>isolator adalah materi pada muatan listrik yang tidak dapat lewat dengan bebas, sehingga menjadikannya hampir mustahil untuk menghasilkan arus listrik dengan pengaruh medan listrik.</p>

isolator adalah materi pada muatan listrik yang tidak dapat lewat dengan bebas, sehingga menjadikannya hampir mustahil untuk menghasilkan arus listrik dengan pengaruh medan listrik.


Iklan

Kevin L

Gold

24 September 2023 10:31

Jawaban terverifikasi

Isolator adalah bahan atau materi yang memiliki sifat alami untuk menghambat atau menghalangi aliran arus listrik atau panas. Isolator digunakan untuk memisahkan atau mengisolasi konduktor (bahan yang menghantarkan listrik atau panas) agar tidak terjadi aliran listrik atau panas yang tidak diinginkan. Sifat isolator ini berguna dalam berbagai aplikasi teknik dan elektronik untuk menghindari kebocoran arus atau panas yang dapat menyebabkan bahaya atau kerusakan. Beberapa contoh isolator termasuk: 1. **Keramik**: Bahan keramik seperti porselen dan keramik teknis sering digunakan sebagai isolator dalam aplikasi listrik dan elektronik, seperti isolator pada tiang listrik. 2. **Plastik**: Plastik, seperti PVC (polyvinyl chloride), digunakan sebagai bahan isolator dalam kabel listrik, soket, dan banyak komponen elektronik. 3. **Kaca**: Kaca adalah isolator yang baik dan digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk insulator pada kabel optik dan dalam peralatan laboratorium. 4. **Kayu**: Kayu adalah isolator alami yang digunakan dalam peralatan listrik kuno dan dalam beberapa aplikasi khusus. 5. **Karet**: Karet juga digunakan sebagai isolator dalam aplikasi elektronik untuk melindungi pengguna dari kontak langsung dengan komponen berbahaya. 6. **Bahan dielektrik**: Bahan dielektrik, seperti mika dan teflon, digunakan sebagai isolator dalam kapasitor dan perangkat elektronik lainnya. Isolator penting dalam keamanan dan fungsionalitas berbagai sistem listrik dan elektronik. Mereka membantu melindungi manusia dan peralatan dari potensi bahaya listrik dan memastikan bahwa arus listrik mengalir hanya melalui jalur yang diinginkan.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan