Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Iklan

Iklan

Fadia F

22 Mei 2024 01:26

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan ion

apa yang dimaksud dengan ion


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

22 Mei 2024 03:42

Jawaban terverifikasi

Ion adalah suatu atom atau molekul yang memiliki muatan listrik total tidak nol (jumlah total elektron tidak sama dengan jumlah total proton). Kation adalah ion bermuatan positif, sedangkan anion adalah ion bermuatan negatif.


Iklan

Iklan

Celine G

22 Mei 2024 04:40

Jawaban terverifikasi

<p>Ion adalah atom atau molekul yang memiliki muatan listrik karena kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Kehilangan elektron menyebabkan ion membawa muatan positif, sementara penerimaan elektron menyebabkan ion membawa muatan negatif.</p><p>Ada dua jenis ion utama:</p><p><strong>Ion Positif (Kation)</strong>: Ion positif terbentuk ketika atom kehilangan satu atau lebih elektron. Ini terjadi ketika atom memiliki lebih banyak proton daripada elektron. Kation sering kali terbentuk dari logam karena mereka cenderung melepaskan elektron untuk mencapai konfigurasi elektronik yang lebih stabil.</p><p>Contoh: Na+Na+ (natrium ion), Ca2+Ca2+ (kalsium ion dua kali bermuatan positif).</p><p><strong>Ion Negatif (Anion)</strong>: Ion negatif terbentuk ketika atom mendapatkan satu atau lebih elektron. Ini terjadi ketika atom memiliki lebih banyak elektron daripada proton. Anion sering kali terbentuk dari non-logam karena mereka cenderung menarik elektron untuk mencapai konfigurasi elektronik yang lebih stabil.</p><p>Contoh: Cl−Cl− (klorida ion), O2−O2− (oksida ion dua kali bermuatan negatif).</p><p>Ion memiliki peran penting dalam kimia dan fisika. Mereka dapat terlibat dalam pembentukan ikatan kimia, reaksi redoks, dan konduktivitas listrik. Ion juga berperan dalam berbagai proses biologis, termasuk kontraksi otot, transmisi sinyal saraf, dan transportasi zat-zat melintasi membran sel.</p>

Ion adalah atom atau molekul yang memiliki muatan listrik karena kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Kehilangan elektron menyebabkan ion membawa muatan positif, sementara penerimaan elektron menyebabkan ion membawa muatan negatif.

Ada dua jenis ion utama:

Ion Positif (Kation): Ion positif terbentuk ketika atom kehilangan satu atau lebih elektron. Ini terjadi ketika atom memiliki lebih banyak proton daripada elektron. Kation sering kali terbentuk dari logam karena mereka cenderung melepaskan elektron untuk mencapai konfigurasi elektronik yang lebih stabil.

Contoh: Na+Na+ (natrium ion), Ca2+Ca2+ (kalsium ion dua kali bermuatan positif).

Ion Negatif (Anion): Ion negatif terbentuk ketika atom mendapatkan satu atau lebih elektron. Ini terjadi ketika atom memiliki lebih banyak elektron daripada proton. Anion sering kali terbentuk dari non-logam karena mereka cenderung menarik elektron untuk mencapai konfigurasi elektronik yang lebih stabil.

Contoh: Cl−Cl− (klorida ion), O2−O2− (oksida ion dua kali bermuatan negatif).

Ion memiliki peran penting dalam kimia dan fisika. Mereka dapat terlibat dalam pembentukan ikatan kimia, reaksi redoks, dan konduktivitas listrik. Ion juga berperan dalam berbagai proses biologis, termasuk kontraksi otot, transmisi sinyal saraf, dan transportasi zat-zat melintasi membran sel.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa itu perpindahan kalor secara radiasi?

0

0.0

Jawaban terverifikasi