Josua C

05 September 2023 10:49

Iklan

Josua C

05 September 2023 10:49

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan gerhana

apa yang dimaksud dengan gerhana

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

03

:

38

:

04

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 11:00

Jawaban terverifikasi

Gerhana adalah fenomena astronomi di mana satu benda langit, seperti Matahari, Bulan, atau planet, tertutup atau masuk ke dalam bayangan benda langit lainnya. Ada dua jenis gerhana utama: 1. Gerhana Matahari (Solar Eclipse): Ini terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan Matahari terhalang sebagian atau sepenuhnya. Ketika Matahari tertutup sepenuhnya, ini disebut gerhana matahari total. Jika hanya sebagian tertutup, itu adalah gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari total hanya dapat diamati di wilayah kecil di Bumi, sementara gerhana matahari sebagian dapat terlihat di wilayah yang lebih luas. 2. Gerhana Bulan (Lunar Eclipse): Gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, menyebabkan Bulan masuk ke dalam bayangan Bumi. Ini mengakibatkan perubahan warna Bulan menjadi merah atau oranye, yang disebut "Bulan Darah," karena sebagian cahaya Matahari masih dipantulkan oleh atmosfer Bumi dan mencapai Bulan. Gerhana Bulan biasanya terlihat dari sebagian besar wilayah Bumi yang menghadap Bulan pada saat gerhana. Gerhana adalah fenomena alami yang menarik dan sering menjadi peristiwa yang sangat dinanti-nantikan oleh para pengamat astronomi. Mereka memberikan wawasan tentang gerakan dan interaksi benda-benda langit di tata surya kita.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 11:12

Jawaban terverifikasi

<p>Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya. Istilah gerhana sendiri adalah <strong>gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup</strong>.</p><p>Penyebab Gerhana<br><br>Gerhana terjadi karena <strong>adanya pergerakan Bumi, Bulan, dan Matahari yang saling berhubungan</strong>. Ketiga benda angkasa ini memiliki orbit atau lintasan yang tidak selalu sejajar. Kadang-kadang, mereka berada dalam posisi yang sejajar atau hampir sejajar sehingga terjadi gerhana.</p><p><strong>Gerhana matahari</strong> terjadi ketika <strong>bulan</strong> berada di tengah-tengah antara bumi dan <strong>matahari</strong>. Fenomena ini terjadi karena <strong>bulan</strong> menghalangi cahaya <strong>matahari</strong> dari bumi. Saat <strong>gerhana matahari</strong> terjadi membuat <strong>matahari</strong> menjadi gelap. Sementara, <strong>gerhana bulan</strong> terjadi ketika bumi berada di tengah-tengah antara <strong>bulan</strong> dan <strong>matahari.</strong></p><p><strong>Gerhana matahari</strong></p><p>Peristiwa tertutupnya piringan matahari berlangsung perlahan selama <strong>kurang lebih satu jam</strong> hingga tiba pada fase totalitas gerhana, saat piringan matahari ditutupi sepenuhnya. Fase totalitas akan terjadi selama beberapa menit saja sampai perlahan Matahari meninggalkan bayangan umbra dan gerhana berangsur selesai.</p><p><strong>Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Jenis Gerhana Bulan</strong></p><ol><li><strong>Gerhana Bulan</strong> Total. <strong>Gerhana bulan</strong> total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi <strong>bulan</strong>, sehingga <strong>matahari</strong>, bumi dan <strong>bulan</strong> berada tepat di satu garis yang sama.</li><li><strong>Gerhana Bulan</strong> Sebagian.</li><li><strong>Gerhana Bulan</strong> Penumbra.</li></ol>

Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menarik, karena fenomena ini melibatkan benda-benda langit yang ada di tata surya. Istilah gerhana sendiri adalah gambaran proses terjadinya pergerakan benda langit kedalam sebuah bayangan benda langit lainnya membuatnya tertutup.

Penyebab Gerhana

Gerhana terjadi karena adanya pergerakan Bumi, Bulan, dan Matahari yang saling berhubungan. Ketiga benda angkasa ini memiliki orbit atau lintasan yang tidak selalu sejajar. Kadang-kadang, mereka berada dalam posisi yang sejajar atau hampir sejajar sehingga terjadi gerhana.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan berada di tengah-tengah antara bumi dan matahari. Fenomena ini terjadi karena bulan menghalangi cahaya matahari dari bumi. Saat gerhana matahari terjadi membuat matahari menjadi gelap. Sementara, gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di tengah-tengah antara bulan dan matahari.

Gerhana matahari

Peristiwa tertutupnya piringan matahari berlangsung perlahan selama kurang lebih satu jam hingga tiba pada fase totalitas gerhana, saat piringan matahari ditutupi sepenuhnya. Fase totalitas akan terjadi selama beberapa menit saja sampai perlahan Matahari meninggalkan bayangan umbra dan gerhana berangsur selesai.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan dan Jenis Gerhana Bulan

  1. Gerhana Bulan Total. Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat di satu garis yang sama.
  2. Gerhana Bulan Sebagian.
  3. Gerhana Bulan Penumbra.

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan