Josua C

05 September 2023 10:49

Iklan

Josua C

05 September 2023 10:49

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan gerak semu matahari

apa yang dimaksud dengan gerak semu matahari

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

03

:

31

:

41

Klaim

4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

05 September 2023 11:01

Jawaban terverifikasi

Gerak semua Matahari, atau yang dikenal sebagai "Gerak Arah Matahari," mengacu pada pergerakan semu Matahari melintasi langit sepanjang hari seperti yang dilihat dari permukaan Bumi. Ini adalah hasil dari rotasi Bumi pada sumbunya sendiri. Pada dasarnya, Matahari tampak bergerak dari timur ke barat di langit selama satu hari. Namun, penting untuk dicatat bahwa sebenarnya adalah Bumi yang berputar mengelilingi sumbunya yang menyebabkan pergerakan semu Matahari ini. Bumi ini berputar sekitar sumbunya dalam arah berlawanan jarum jam (dilihat dari atas Kutub Utara) dan memakan waktu sekitar 24 jam untuk melakukan satu putaran lengkap. Oleh karena itu, Matahari tampak bergerak melintasi langit dari timur ke barat sepanjang hari. Selain itu, gerak semu Matahari juga berpengaruh pada perubahan penampilan langit di berbagai waktu dalam sehari, seperti munculnya Matahari di pagi hari, mencapai puncaknya di tengah hari, dan kemudian tenggelam di sore hari. Ini adalah dasar bagi konsep waktu dan pembagian waktu dalam sehari menjadi 24 jam.


Iklan

Vincent M

Community

05 September 2023 11:14

Jawaban terverifikasi

<p>Gerak semu harian adalah <strong>fenomena bergeraknya benda-benda langit (termasuk matahari dan bintang-bintang) dari timur ke barat saat tampak dari bumi</strong>. Contohnya adalah matahari yang terbit di timur di pagi hari, lalu tampak bergerak ke barat hingga terbenam saat senja.</p><p><strong>Pergerakan semu</strong> yang dilakukan <strong>matahari</strong> karena rotasi bumi ini menyebabkan adanya perbedaan waktu siang dan malam di seluruh wilayah di bumi sehingga menyebabkan adanya perbedaan waktu juga antara satu lokasi dan lokasi lain di bumi dari arah Timur hingga ke arah Barat.</p><p>Untuk <strong>gerak semu tahunan Matahari menyebabkan pergantian musim.</strong> <strong>"Lalu gerak semu harian Matahari (GSHM) mengakibatkan adanya pergantian siang dan malam di planet.</strong></p><p>&nbsp;</p>

Gerak semu harian adalah fenomena bergeraknya benda-benda langit (termasuk matahari dan bintang-bintang) dari timur ke barat saat tampak dari bumi. Contohnya adalah matahari yang terbit di timur di pagi hari, lalu tampak bergerak ke barat hingga terbenam saat senja.

Pergerakan semu yang dilakukan matahari karena rotasi bumi ini menyebabkan adanya perbedaan waktu siang dan malam di seluruh wilayah di bumi sehingga menyebabkan adanya perbedaan waktu juga antara satu lokasi dan lokasi lain di bumi dari arah Timur hingga ke arah Barat.

Untuk gerak semu tahunan Matahari menyebabkan pergantian musim. "Lalu gerak semu harian Matahari (GSHM) mengakibatkan adanya pergantian siang dan malam di planet.

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan