NURRIZQI S

06 November 2023 07:02

Iklan

NURRIZQI S

06 November 2023 07:02

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan gaya?

apa yang dimaksud dengan gaya?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

04

:

34

:

15

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Erwin A

Community

06 November 2023 07:56

Jawaban terverifikasi

<p>Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Gaya termasuk besaran vektor, yaitu besaran yang memperhitungkan arah. Besaran ini merupakan salah satu besaran Fisika yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.</p><p><strong>Definisi gaya dalam fisika</strong></p><p>Gaya dalam fisika adalah interaksi apa pun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Dengan kata lain, sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu mengalami perubahan kecepatan.</p><p><strong>Satuan gaya</strong></p><p>Satuan gaya dalam satuan SI adalah Newton (N). Gaya 1 N adalah gaya yang diperlukan untuk memberikan percepatan 1 m/s^2 pada benda bermassa 1 kg.</p><p><strong>Contoh gaya</strong></p><p>Berikut adalah beberapa contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari:</p><ul><li><strong>Gaya gravitasi</strong> adalah gaya tarik-menarik antara dua benda bermassa. Gaya gravitasi Bumi adalah gaya yang menyebabkan benda-benda jatuh ke bawah.</li><li><strong>Gaya otot</strong> adalah gaya yang dihasilkan oleh otot. Gaya otot digunakan untuk menggerakkan benda-benda.</li><li><strong>Gaya gesek</strong> adalah gaya yang timbul akibat permukaan dua benda yang saling bersentuhan. Gaya gesek dapat menyebabkan benda berhenti atau bergerak lebih lambat.</li><li><strong>Gaya pegas</strong> adalah gaya yang dihasilkan oleh pegas yang ditekan atau ditarik. Gaya pegas digunakan untuk menggerakkan benda-benda.</li><li><strong>Gaya listrik</strong> adalah gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik. Gaya listrik digunakan untuk menggerakkan benda-benda bermuatan listrik.</li></ul><p><strong>Pengaruh gaya terhadap benda</strong></p><p>Gaya dapat mempengaruhi benda dalam berbagai cara, yaitu:</p><ul><li><strong>Menyebabkan benda bergerak</strong></li><li><strong>Menyebabkan benda berhenti</strong></li><li><strong>Menyebabkan benda berubah arah</strong></li><li><strong>Menyebabkan benda berubah bentuk</strong></li></ul><p><strong>Hukum Newton</strong></p><p>Hukum Newton adalah tiga hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak. Hukum Newton pertama menyatakan bahwa benda akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya yang bekerja padanya. Hukum Newton kedua menyatakan bahwa percepatan benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi yang sama besar dan berlawanan arah.</p>

Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Gaya termasuk besaran vektor, yaitu besaran yang memperhitungkan arah. Besaran ini merupakan salah satu besaran Fisika yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Definisi gaya dalam fisika

Gaya dalam fisika adalah interaksi apa pun yang dapat menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak, baik dalam bentuk arah, maupun konstruksi geometris. Dengan kata lain, sebuah gaya dapat menyebabkan sebuah objek dengan massa tertentu mengalami perubahan kecepatan.

Satuan gaya

Satuan gaya dalam satuan SI adalah Newton (N). Gaya 1 N adalah gaya yang diperlukan untuk memberikan percepatan 1 m/s^2 pada benda bermassa 1 kg.

Contoh gaya

Berikut adalah beberapa contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Gaya gravitasi adalah gaya tarik-menarik antara dua benda bermassa. Gaya gravitasi Bumi adalah gaya yang menyebabkan benda-benda jatuh ke bawah.
  • Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot. Gaya otot digunakan untuk menggerakkan benda-benda.
  • Gaya gesek adalah gaya yang timbul akibat permukaan dua benda yang saling bersentuhan. Gaya gesek dapat menyebabkan benda berhenti atau bergerak lebih lambat.
  • Gaya pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh pegas yang ditekan atau ditarik. Gaya pegas digunakan untuk menggerakkan benda-benda.
  • Gaya listrik adalah gaya tarik-menarik atau tolak-menolak antara dua benda bermuatan listrik. Gaya listrik digunakan untuk menggerakkan benda-benda bermuatan listrik.

Pengaruh gaya terhadap benda

Gaya dapat mempengaruhi benda dalam berbagai cara, yaitu:

  • Menyebabkan benda bergerak
  • Menyebabkan benda berhenti
  • Menyebabkan benda berubah arah
  • Menyebabkan benda berubah bentuk

Hukum Newton

Hukum Newton adalah tiga hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak. Hukum Newton pertama menyatakan bahwa benda akan tetap diam atau bergerak dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya yang bekerja padanya. Hukum Newton kedua menyatakan bahwa percepatan benda berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja padanya dan berbanding terbalik dengan massa benda tersebut. Hukum Newton ketiga menyatakan bahwa setiap aksi akan menimbulkan reaksi yang sama besar dan berlawanan arah.


NURRIZQI S

06 November 2023 08:02

makasih udah jawab ๐Ÿ™‚

Iklan

Sakhila N

06 November 2023 09:32

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban=Tarikan atau dorongan yang menyebabkan terjadinya perubahan benda</p>

Jawaban=Tarikan atau dorongan yang menyebabkan terjadinya perubahan benda


NURRIZQI S

06 November 2023 09:40

makasih ya ๐Ÿ™‚

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan