Hendra H

09 Maret 2024 11:12

Iklan

Iklan

Hendra H

09 Maret 2024 11:12

Pertanyaan

apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif

apa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

09 Maret 2024 14:13

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Ekonomi kreatif</strong> adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya.&nbsp;</p>

Ekonomi kreatif adalah jenis kegiatan ekonomi dimana pelakunya menggunakan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya sebagai bahan baku utama pada proses produksi. Jadi, pada ekonomi kreatif sumber daya alam merupakan faktor pendukung dalam proses produksi, bukan sebagai bahan baku utamanya. 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

10 Maret 2024 22:11

Jawaban terverifikasi

<p>Ekonomi kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang mencakup berbagai kegiatan yang menghasilkan nilai ekonomi dari ekspresi kreatif, pengetahuan, dan keterampilan. Sektor ini melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi berbagai produk dan layanan kreatif. Beberapa contoh kegiatan dalam ekonomi kreatif meliputi seni, desain, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), periklanan, film, musik, fashion, arsitektur, dan industri kreatif lainnya.</p><p>Beberapa karakteristik ekonomi kreatif termasuk:</p><p><strong>Inovasi dan Kreativitas:</strong> Pusat dari ekonomi kreatif adalah inovasi dan kreativitas. Keberhasilannya sangat tergantung pada kemampuan untuk menciptakan ide baru, desain, dan konten yang dapat menarik perhatian pasar.</p><p><strong>Menggabungkan Seni dan Bisnis:</strong> Ekonomi kreatif mencoba untuk menggabungkan nilai seni dengan prinsip bisnis. Ini berarti tidak hanya menciptakan karya seni atau produk kreatif, tetapi juga menjadikannya pasar yang berkelanjutan secara ekonomis.</p><p><strong>Penggunaan Teknologi:</strong> Teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, seringkali menjadi pendorong utama dalam ekonomi kreatif. Platform digital, media sosial, dan distribusi online telah membuka peluang baru dalam pemasaran dan distribusi produk kreatif.</p><p><strong>Diversifikasi Sektor:</strong> Ekonomi kreatif mencakup berbagai sektor, menciptakan pekerjaan dan peluang bisnis di berbagai industri. Hal ini mencakup seni visual, desain, pertunjukan, media, dan sektor-sektor kreatif lainnya.</p><p><strong>Ekosistem Kreatif:</strong> Pentingnya ekosistem kreatif yang mendukung, termasuk lembaga-lembaga pendidikan, kluster industri, komunitas seniman, dan kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif.</p><p><strong>Ekspor Budaya:</strong> Banyak produk dan layanan dalam ekonomi kreatif memiliki daya tarik global, memungkinkan ekspor budaya dari satu negara atau wilayah ke yang lain.</p>

Ekonomi kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang mencakup berbagai kegiatan yang menghasilkan nilai ekonomi dari ekspresi kreatif, pengetahuan, dan keterampilan. Sektor ini melibatkan produksi, distribusi, dan konsumsi berbagai produk dan layanan kreatif. Beberapa contoh kegiatan dalam ekonomi kreatif meliputi seni, desain, teknologi informasi dan komunikasi (TIK), periklanan, film, musik, fashion, arsitektur, dan industri kreatif lainnya.

Beberapa karakteristik ekonomi kreatif termasuk:

Inovasi dan Kreativitas: Pusat dari ekonomi kreatif adalah inovasi dan kreativitas. Keberhasilannya sangat tergantung pada kemampuan untuk menciptakan ide baru, desain, dan konten yang dapat menarik perhatian pasar.

Menggabungkan Seni dan Bisnis: Ekonomi kreatif mencoba untuk menggabungkan nilai seni dengan prinsip bisnis. Ini berarti tidak hanya menciptakan karya seni atau produk kreatif, tetapi juga menjadikannya pasar yang berkelanjutan secara ekonomis.

Penggunaan Teknologi: Teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, seringkali menjadi pendorong utama dalam ekonomi kreatif. Platform digital, media sosial, dan distribusi online telah membuka peluang baru dalam pemasaran dan distribusi produk kreatif.

Diversifikasi Sektor: Ekonomi kreatif mencakup berbagai sektor, menciptakan pekerjaan dan peluang bisnis di berbagai industri. Hal ini mencakup seni visual, desain, pertunjukan, media, dan sektor-sektor kreatif lainnya.

Ekosistem Kreatif: Pentingnya ekosistem kreatif yang mendukung, termasuk lembaga-lembaga pendidikan, kluster industri, komunitas seniman, dan kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif.

Ekspor Budaya: Banyak produk dan layanan dalam ekonomi kreatif memiliki daya tarik global, memungkinkan ekspor budaya dari satu negara atau wilayah ke yang lain.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang akan terjadi terhadap bioproses sistem kekebalan tubuh, jika sel T helper dirusak oleh virus HIV?

0

0.0

Jawaban terverifikasi