Lingga P

27 Agustus 2023 13:03

Iklan

Lingga P

27 Agustus 2023 13:03

Pertanyaan

apa yang digunakan tanaman untuk bernapas?

apa yang digunakan tanaman untuk bernapas?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

21

:

35

:

49

Klaim

5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

27 Agustus 2023 13:40

Jawaban terverifikasi

Tanaman menggunakan pori-pori mikroskopis yang disebut stomata pada daun mereka untuk bernafas. Stomata memungkinkan pertukaran gas antara tanaman dan lingkungan sekitarnya, memungkinkan masuknya oksigen yang diperlukan untuk pernapasan dan keluarnya karbon dioksida yang dihasilkan selama proses fotosintesis.


Iklan

Vincent M

Community

27 Agustus 2023 22:18

Jawaban terverifikasi

<p>Tanaman melakukan pertukaran gas melalui struktur yang disebut stomata. Stomata adalah pori-pori kecil yang terletak pada permukaan daun dan batang tanaman. Proses pertukaran gas ini dikenal sebagai respirasi. Selama respirasi, tanaman mengambil oksigen (O2) dari udara melalui stomata dan melepaskan karbon dioksida (CO2) ke udara.</p><p>Karbondioksida yang dihasilkan selama proses metabolisme dalam tanaman akan dilepaskan melalui stomata. Oksigen yang diambil dari udara akan digunakan dalam reaksi metabolik sel tanaman untuk menghasilkan energi melalui respirasi. Sementara itu, proses fotosintesis, di mana tanaman mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen menggunakan energi matahari, juga melibatkan pertukaran gas tetapi dalam arah yang berlawanan.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Tanaman melakukan pertukaran gas melalui struktur yang disebut stomata. Stomata adalah pori-pori kecil yang terletak pada permukaan daun dan batang tanaman. Proses pertukaran gas ini dikenal sebagai respirasi. Selama respirasi, tanaman mengambil oksigen (O2) dari udara melalui stomata dan melepaskan karbon dioksida (CO2) ke udara.

Karbondioksida yang dihasilkan selama proses metabolisme dalam tanaman akan dilepaskan melalui stomata. Oksigen yang diambil dari udara akan digunakan dalam reaksi metabolik sel tanaman untuk menghasilkan energi melalui respirasi. Sementara itu, proses fotosintesis, di mana tanaman mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen menggunakan energi matahari, juga melibatkan pertukaran gas tetapi dalam arah yang berlawanan.

 

 


 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan