Nayla P

30 November 2023 12:06

Iklan

Nayla P

30 November 2023 12:06

Pertanyaan

apa yang di maksud ide pokok?

apa yang di maksud ide pokok?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

15

:

49

:

57

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Syrinta S

30 November 2023 12:59

Jawaban terverifikasi

ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya juga disebut dengan gagasan pokok/utama, pikiran utama, pokok pikiran, atau isu penting yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf


Dini H

01 Desember 2023 07:28

Jawaban terverifikasi

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Makanya, nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, kalimat utama ≠ kalimat pertama. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir. Ciri-Ciri Ide Pokok Untuk menemukan ide pokok dalam sebuah paragraf, lebih mudah jika kamu mengetahui ciri-ciri ide pokok itu sendiri. Ada apa aja, ya? Mengandung inti permasalahan dari sebuah paragraf. Memiliki kalimat pendukung atau kalimat penjelas. Ide pokok dinyatakan secara jelas (tidak berbelit-belit). Hanya ada satu ide pokok dalam sebuah paragraf.

Iklan

Rakhmad A

01 Desember 2023 05:05

Jawaban terverifikasi

Ide pokok adalah gagasan utama atau inti dari suatu teks atau pembicaraan. Contoh ide pokok bisa ditemukan dalam berbagai jenis teks. Misalnya, dalam sebuah artikel tentang manfaat olahraga, ide pokoknya mungkin adalah bahwa olahraga memiliki dampak positif pada kesehatan fisik dan mental.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan