Nasya P

20 Maret 2020 04:01

Pertanyaan

apa yang akan terjadi jika di dalam tubuh kita tidak terdapat organ-organ ekskresi?


68

4

Jawaban terverifikasi

W. Endang

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

14 Januari 2022 08:51

Jawaban terverifikasi

Halo Nasya! Kakak bantu jawab ya Jika tidak terdapat sistem ekskresi dalam tubuh kita, maka akan kesehatan akan terganggu sehingga menimbulkan berbagai penyakit yang akan berujung pada kematian. Sistem ekskresi merupakan sistem di dalam tubuh yang berperan dalam mengekskresi atau mengeluarkan zat zat sisa metabolisme tubuh. Sistem ini ditunjang dengan beberapa organ ekskresi seperti kulit, ginjal, hati dan paru-paru yang mengeluarkan zat ekskresi berbeda-beda. Zat sisa metabolisme tubuh ini sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh dan bersifat racun jika terakumulasi di dalam tubuh sehingga harus dikeluarkan. Semoga membantu!


Iklan

Zidan F

20 Maret 2020 05:50

mungkin zat sisa metabolisme tubuh akan menumpuk dan akan menimbulkan beberapa penyakit karena zat sisa metabolisme tubuh sendiri merupakan zat yang dapat menjadi racun bagi tubuh kita.


RISKA N

20 Maret 2020 06:43

mungkin sisa metabolisme menumpuk dan menyebabkan penyakit,misal sistem ekskresi ginjal yg harus mengeluarkan urin kalau tidak di keluarkan bisa jadi penyakit batu ginjal.


Nadya M

20 Maret 2020 07:59

Izin menjawab, tolong dikoreksi jika ada salah. Apabila tubuh tidak terdapat organ ekskresi, dalam hal ini mungkin yang Nasya maksud adalah organnya menjadi tidak berfungsi dengan normal, ya? Pertama, apabila ginjal tidak berfungsi dengan normal maka yang akan terjadi adalah menumpuknya zat sisa dan hasil metabolisme. Menumpuknya zat sisa, katakanlah misalnya seperti urea, akan menyebabkan kadar urea di dalam urin menjadi tinggi. Zat metabolisme lain yang kalau tidak dapat diekskresikan tubuh dapat menyebabkan gangguan adalah karbondioksida. Meningkatnya karbon dioksida dalam darah akan menyebabkan gangguan organ-organ tubuh dan jaringan tubuh yang lain akibat tidak menerima oksigen. Apabila kulit tidak mampu mengeluarkan sebum atau keringat, maka homeostasis akan terganggu, sedangkan apabila hati tidak mampu berfungsi dengan baik maka bisa jadi kadar ammonia dalam tubuh meningkat atau kadar urea yang diekskresikan menjadi lebih rendah dari rentang normal.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

apa yg di maksud dengan pembuluh darah dan jelaskan bagimana cara pembuluh ddarah dapat pekerja dengan baik?

4

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan