Jelita S

19 Maret 2020 07:25

Iklan

Iklan

Jelita S

19 Maret 2020 07:25

Pertanyaan

apa tujuan teks ulasan


68

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Faizah

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Surakarta

15 Januari 2022 16:02

Jawaban terverifikasi

Hai, Jelita S. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya ☺️ Tujuan teks ulasan adalah (1) Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya sebelum membeli suatu karya; (2) Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya terkait pantas tidaknya karya tersebut untuk dinikmati; (3) Memperlihatkan sudut penulis ulasan terhadap suatu karya; (4) Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya secara umum; (5) Memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas; dan (6) Memberikan perbandingan tentang karya tersebut terhadap karya lain yang sejenis. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Teks resensi atau teks ulasan merupakan karangan atau tulisan yang berisi ulasan, pertimbangan, atau pembicaraan mengenai suatu karya. Ciri-ciri teks ulasan sebagai berikut. 1. Mengandung opini dari penulis resensi mengenai suatu karya atau objek tertentu. 2. Mengandung fakta-fakta untuk mendukung opini penulis. 3. Memiliki struktur orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Tujuan teks ulasan sebagai berikut. 1. Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya sebelum membeli suatu karya. 2. Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya terkait pantas tidaknya karya tersebut untuk dinikmati. 3. Memperlihatkan sudut pandang penulis ulasan terhadap suatu karya. 4. Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya secara umum. 5. Memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas. 6. Memberikan perbandingan tentang karya tersebut terhadap karya lain yang sejenis. Dengan demikian, tujuan teks ulasan adalah (1) Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya sebelum membeli suatu karya; (2) Memberikan pertimbangan baik dan buruk suatu karya terkait pantas tidaknya karya tersebut untuk dinikmati; (3) Memperlihatkan sudut penulis ulasan terhadap suatu karya; (4) Membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya secara umum; (5) Memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diulas; dan (6) Memberikan perbandingan tentang karya tersebut terhadap karya lain yang sejenis. Semoga membantu ☺️


Iklan

Iklan

Cecilia C

19 Maret 2020 09:54

Menunjukan sudut pandang/ keberpihakan penulis pada suatu hal ataupun karya sementara. Memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait standar kelayakan serta kepatutan suatu karya. Untuk membantu para pembaca mengetahui tentang gambaran serta kritikan sebuah karya.


Wiolyn N

19 Maret 2020 14:09

1.menunjukkan pandangan atau penilaian penulis resensi terhadap suatu karya. 2.memberikan informasi kepada publik tentang kelayakan yang dimiliki suatu karya. 3.membantu pembaca untuk mengetahui isi suatu karya. 4.memberikan informasi kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas atau diresensi . 5.mengetahui perbandingan karya tersebut dengan karya lain yang sejenis. 6.memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya. 7.memberi tahu dan mengajak pembaca untuk merenungkan , memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat didalam suatu karya . 8.memberikan pertimbangan pada pembaca apakah suatu karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak. 9.memudahkan pembaca dalam memahami hubungan suatu karya dengan karya lain yang serupa 10. memberikan pertimbangan bagi pembaca sebelum memutuskan untuk memilih , memberi dan menikmati suatu karya.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kalimat yang menyatakan kelebihan isi buku apa sih kk??

3

0.0

Jawaban terverifikasi