Eka S

27 Januari 2023 05:28

Iklan

Iklan

Eka S

27 Januari 2023 05:28

Pertanyaan

Apa saja tekad dan semangat persatuan yang muncul dari sumpah pemuda


9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ganang W

27 Januari 2023 05:34

Jawaban terverifikasi

<p>Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang menyatukan semangat dan tekad para pemuda dari berbagai etnis, agama, dan latar belakang sosial untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Tekad dan semangat persatuan yang muncul dari Sumpah Pemuda meliputi:</p><ol><li>Persatuan Indonesia: para pemuda bertekad untuk menyatukan berbagai etnis, agama, dan latar belakang sosial di Indonesia untuk membentuk satu bangsa yang solid.</li><li>Persatuan dalam perjuangan: para pemuda bertekad untuk bekerja sama dalam perjuangan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.</li><li>Persatuan dalam perbedaan: para pemuda bertekad untuk menghormati dan menerima perbedaan yang ada di Indonesia, serta memperjuangkan persatuan di tengah perbedaan tersebut.</li><li>Persatuan dalam solidaritas: para pemuda bertekad untuk solidaritas dengan rakyat Indonesia dan memperjuangkan kesejahteraan bersama.</li><li>Persatuan dalam pembangunan: para pemuda bertekad untuk bekerja sama dalam membangun negara Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan.</li><li>Persatuan dalam menghormati hukum: para pemuda bertekad untuk menghormati hukum yang berlaku di Indonesia dan memperjuangkan hukum yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia.</li><li>Persatuan dalam menghormati hak asasi manusia: para pemuda bertekad untuk menghormati hak asasi manusia yang berlaku di Indonesia dan memperjuangkan perlindungan hak asasi manusia bagi seluruh rakyat Indonesia.</li><li>Persatuan dalam memperjuangkan kemajuan: para pemuda bertekad untuk memperjuangkan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memperjuangkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa.</li><li>Persatuan dalam menghormati nilai-nilai budaya: para pemuda bertekad untuk menghormati dan melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia serta memperjuangkan pengembangan nilai-nilai budaya Indonesia.</li><li>Persatuan dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional: para pemuda bertekad untuk memperjuangkan keamanan dan stabilitas nasional dan bekerja sama dengan pemerintah dan institusi lainnya dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.</li></ol>

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang menyatukan semangat dan tekad para pemuda dari berbagai etnis, agama, dan latar belakang sosial untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Tekad dan semangat persatuan yang muncul dari Sumpah Pemuda meliputi:

  1. Persatuan Indonesia: para pemuda bertekad untuk menyatukan berbagai etnis, agama, dan latar belakang sosial di Indonesia untuk membentuk satu bangsa yang solid.
  2. Persatuan dalam perjuangan: para pemuda bertekad untuk bekerja sama dalam perjuangan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
  3. Persatuan dalam perbedaan: para pemuda bertekad untuk menghormati dan menerima perbedaan yang ada di Indonesia, serta memperjuangkan persatuan di tengah perbedaan tersebut.
  4. Persatuan dalam solidaritas: para pemuda bertekad untuk solidaritas dengan rakyat Indonesia dan memperjuangkan kesejahteraan bersama.
  5. Persatuan dalam pembangunan: para pemuda bertekad untuk bekerja sama dalam membangun negara Indonesia yang sejahtera dan berkeadilan.
  6. Persatuan dalam menghormati hukum: para pemuda bertekad untuk menghormati hukum yang berlaku di Indonesia dan memperjuangkan hukum yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia.
  7. Persatuan dalam menghormati hak asasi manusia: para pemuda bertekad untuk menghormati hak asasi manusia yang berlaku di Indonesia dan memperjuangkan perlindungan hak asasi manusia bagi seluruh rakyat Indonesia.
  8. Persatuan dalam memperjuangkan kemajuan: para pemuda bertekad untuk memperjuangkan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta memperjuangkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa.
  9. Persatuan dalam menghormati nilai-nilai budaya: para pemuda bertekad untuk menghormati dan melestarikan nilai-nilai budaya Indonesia serta memperjuangkan pengembangan nilai-nilai budaya Indonesia.
  10. Persatuan dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional: para pemuda bertekad untuk memperjuangkan keamanan dan stabilitas nasional dan bekerja sama dengan pemerintah dan institusi lainnya dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Juli 2024 14:27

Jawaban terverifikasi

<p>Sumpah Pemuda, yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928, menjadi tonggak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dalam Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia dari berbagai etnis dan latar belakang suku bangsa bersatu untuk menyatakan tekad dan semangat persatuan yang kuat. Beberapa tekad dan semangat persatuan yang muncul dari Sumpah Pemuda antara lain:</p><p><strong>Tekad Untuk Satu Bangsa, Indonesia</strong>: Sumpah Pemuda menegaskan tekad untuk menyatukan seluruh anak bangsa Indonesia dalam semangat persatuan sebagai satu bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bersatu.</p><p><strong>Semangat Mengutamakan Persatuan</strong>: Sumpah Pemuda menunjukkan semangat untuk mengutamakan persatuan di atas perbedaan, baik suku, agama, maupun ras, sebagai fondasi utama bagi pembangunan bangsa.</p><p><strong>Pemahaman Akan Kebhinekaan</strong>: Meskipun Sumpah Pemuda menekankan persatuan, ia juga memperkuat pemahaman akan keberagaman budaya, bahasa, dan adat istiadat yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia.</p><p><strong>Kesetiaan pada Tanah Air</strong>: Para pemuda yang mengucapkan Sumpah Pemuda menunjukkan kesetiaan mereka pada tanah air Indonesia, siap berkorban untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan negara.</p><p><strong>Menolak Penjajahan</strong>: Sumpah Pemuda menjadi deklarasi penolakan terhadap penjajahan dan eksploitasi kolonial, serta semangat untuk meraih kemerdekaan Indonesia.</p><p><strong>Inspirasi untuk Gerakan Kemerdekaan</strong>: Sumpah Pemuda memberikan inspirasi dan momentum bagi gerakan kemerdekaan Indonesia, mempersatukan berbagai kelompok dan mendukung perjuangan melawan penjajahan.</p><p><strong>Landasan Persatuan Nasional</strong>: Sumpah Pemuda membangun landasan kuat untuk persatuan nasional Indonesia, yang kemudian menjadi prinsip fundamental dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.</p>

Sumpah Pemuda, yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928, menjadi tonggak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dalam Sumpah Pemuda, para pemuda Indonesia dari berbagai etnis dan latar belakang suku bangsa bersatu untuk menyatakan tekad dan semangat persatuan yang kuat. Beberapa tekad dan semangat persatuan yang muncul dari Sumpah Pemuda antara lain:

Tekad Untuk Satu Bangsa, Indonesia: Sumpah Pemuda menegaskan tekad untuk menyatukan seluruh anak bangsa Indonesia dalam semangat persatuan sebagai satu bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bersatu.

Semangat Mengutamakan Persatuan: Sumpah Pemuda menunjukkan semangat untuk mengutamakan persatuan di atas perbedaan, baik suku, agama, maupun ras, sebagai fondasi utama bagi pembangunan bangsa.

Pemahaman Akan Kebhinekaan: Meskipun Sumpah Pemuda menekankan persatuan, ia juga memperkuat pemahaman akan keberagaman budaya, bahasa, dan adat istiadat yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Kesetiaan pada Tanah Air: Para pemuda yang mengucapkan Sumpah Pemuda menunjukkan kesetiaan mereka pada tanah air Indonesia, siap berkorban untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan negara.

Menolak Penjajahan: Sumpah Pemuda menjadi deklarasi penolakan terhadap penjajahan dan eksploitasi kolonial, serta semangat untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

Inspirasi untuk Gerakan Kemerdekaan: Sumpah Pemuda memberikan inspirasi dan momentum bagi gerakan kemerdekaan Indonesia, mempersatukan berbagai kelompok dan mendukung perjuangan melawan penjajahan.

Landasan Persatuan Nasional: Sumpah Pemuda membangun landasan kuat untuk persatuan nasional Indonesia, yang kemudian menjadi prinsip fundamental dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah…

43

5.0

Jawaban terverifikasi

1.Bagaimana hubungan antar Perundang - undangan sesuai dg herarkis tata urutan ? 2. Simaklah beberapa peraturan perundangan apakah peraturan tersebut SBG terjemahan atas peraturan perundangan atau tumpang tindih ? ( UU no 12 Tahun 2011, UU no 23Tahun 2014, UU No 25 Tahun 2004 ) 3 . Tuliskan peraturan perundangan yg di undangkan atas perintah TAP MPR NO I / MPR/ 2003 4.sebutkan produk UU atas perintah UUD NRI Tahun 1945 ( pasal18, pasal 22, pasal 23, Pasal 26 , Pasal 27,pasal ,pasal 28, pasal 29, pasal 30 ,pasal 31 dan pasal 33 )

27

2.2

Lihat jawaban (3)