Maulida Z

06 Juni 2024 13:36

Iklan

Iklan

Maulida Z

06 Juni 2024 13:36

Pertanyaan

apa saja pola konsumsi masyarakat

apa saja pola konsumsi masyarakat


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Aldyansyah A

09 Juni 2024 00:37

Jawaban terverifikasi

Pola konsumsi masyarakat merujuk pada kecenderungan pengeluaran individu atau kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan mereka. Beberapa pola konsumsi masyarakat yang dapat diamati meliputi: 1. Pola Konsumsi Makanan: Ini termasuk aspek-aspek seperti jenis makanan yang dikonsumsi, frekuensi makan, serta preferensi terhadap makanan tertentu. 2. Pola Konsumsi Non-Makanan: Meliputi pengeluaran untuk barang dan jasa selain makanan, seperti pakaian, transportasi, hiburan, dan lainnya. 3. Perubahan Pola Konsumsi Selama Pandemi: Adanya pergeseran dalam kebiasaan konsumsi masyarakat selama masa pandemi Covid-19, seperti peningkatan belanja online, preferensi terhadap produk ramah lingkungan, dan perubahan dalam kebutuhan sehari-hari. 4. Tantangan dan Tren Pola Konsumsi: Masyarakat menghadapi tantangan dan tren tertentu dalam pola konsumsinya, seperti keinginan untuk mengurangi interaksi sosial (minimal human touch points) dengan beralih ke home cooking, yang mempengaruhi penjualan bahan pokok memasak dan perlengkapan makan. 5. Perilaku Konsumsi Masyarakat di Tengah Pandemi: Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan adanya perubahan perilaku konsumsi masyarakat selama pandemi Covid-19, yang tercermin dalam survei yang dilakukan. Sumber: Kajian Pustaka, Mile App, CFNS UGM, Greeneration Foundation, DDTC News


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 13:46

Jawaban terverifikasi

<p>Pola konsumsi masyarakat mengacu pada kebiasaan, preferensi, dan perilaku yang mempengaruhi bagaimana individu atau kelompok masyarakat menghabiskan uang mereka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Pola konsumsi ini dapat bervariasi secara signifikan antara berbagai kelompok masyarakat dan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti budaya, ekonomi, teknologi, dan perubahan sosial. Berikut beberapa contoh pola konsumsi masyarakat yang umum:</p><p><strong>Pola Konsumsi Makanan</strong>: Ini mencakup preferensi makanan, seperti makanan cepat saji, makanan organik, atau makanan yang sesuai dengan diet tertentu (vegetarian, vegan, dll.). Pola konsumsi makanan juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan lokal, agama, dan nilai-nilai budaya.</p><p><strong>Pola Konsumsi Mode</strong>: Ini mencakup belanja pakaian, alas kaki, aksesoris, dan produk mode lainnya. Pola konsumsi mode dapat dipengaruhi oleh tren mode, gaya hidup, status sosial, dan citra diri.</p><p><strong>Pola Konsumsi Barang Elektronik</strong>: Ini mencakup pembelian gadget, perangkat elektronik, perangkat lunak, dan aksesori terkait. Pola konsumsi barang elektronik sering kali dipengaruhi oleh inovasi teknologi, kebutuhan untuk terhubung secara digital, dan tren pasar.</p><p><strong>Pola Konsumsi Hiburan</strong>: Ini mencakup pengeluaran untuk tiket bioskop, langganan layanan streaming, permainan video, dan aktivitas hiburan lainnya. Pola konsumsi hiburan bisa dipengaruhi oleh preferensi hiburan individu, tren industri hiburan, dan perubahan dalam teknologi hiburan.</p><p><strong>Pola Konsumsi Transportasi</strong>: Ini mencakup pembelian kendaraan pribadi, tiket transportasi umum, bahan bakar, dan layanan transportasi berbasis aplikasi. Pola konsumsi transportasi dapat dipengaruhi oleh faktor seperti ketersediaan transportasi publik, harga bahan bakar, dan perkembangan teknologi transportasi.</p><p><strong>Pola Konsumsi Kesehatan dan Kecantikan</strong>: Ini mencakup pembelian produk perawatan kulit, suplemen kesehatan, perawatan medis, dan layanan kecantikan. Pola konsumsi ini bisa dipengaruhi oleh kesadaran kesehatan, tren kecantikan, dan perubahan dalam standar kecantikan.</p>

Pola konsumsi masyarakat mengacu pada kebiasaan, preferensi, dan perilaku yang mempengaruhi bagaimana individu atau kelompok masyarakat menghabiskan uang mereka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Pola konsumsi ini dapat bervariasi secara signifikan antara berbagai kelompok masyarakat dan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti budaya, ekonomi, teknologi, dan perubahan sosial. Berikut beberapa contoh pola konsumsi masyarakat yang umum:

Pola Konsumsi Makanan: Ini mencakup preferensi makanan, seperti makanan cepat saji, makanan organik, atau makanan yang sesuai dengan diet tertentu (vegetarian, vegan, dll.). Pola konsumsi makanan juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan lokal, agama, dan nilai-nilai budaya.

Pola Konsumsi Mode: Ini mencakup belanja pakaian, alas kaki, aksesoris, dan produk mode lainnya. Pola konsumsi mode dapat dipengaruhi oleh tren mode, gaya hidup, status sosial, dan citra diri.

Pola Konsumsi Barang Elektronik: Ini mencakup pembelian gadget, perangkat elektronik, perangkat lunak, dan aksesori terkait. Pola konsumsi barang elektronik sering kali dipengaruhi oleh inovasi teknologi, kebutuhan untuk terhubung secara digital, dan tren pasar.

Pola Konsumsi Hiburan: Ini mencakup pengeluaran untuk tiket bioskop, langganan layanan streaming, permainan video, dan aktivitas hiburan lainnya. Pola konsumsi hiburan bisa dipengaruhi oleh preferensi hiburan individu, tren industri hiburan, dan perubahan dalam teknologi hiburan.

Pola Konsumsi Transportasi: Ini mencakup pembelian kendaraan pribadi, tiket transportasi umum, bahan bakar, dan layanan transportasi berbasis aplikasi. Pola konsumsi transportasi dapat dipengaruhi oleh faktor seperti ketersediaan transportasi publik, harga bahan bakar, dan perkembangan teknologi transportasi.

Pola Konsumsi Kesehatan dan Kecantikan: Ini mencakup pembelian produk perawatan kulit, suplemen kesehatan, perawatan medis, dan layanan kecantikan. Pola konsumsi ini bisa dipengaruhi oleh kesadaran kesehatan, tren kecantikan, dan perubahan dalam standar kecantikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa itu perpindahan kalor secara radiasi?

4

0.0

Jawaban terverifikasi