Rahma S

21 Mei 2024 00:20

Iklan

Iklan

Rahma S

21 Mei 2024 00:20

Pertanyaan

apa saja bentuk kata serapan?

apa saja bentuk kata serapan?


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Mei 2024 01:28

Jawaban terverifikasi

1. Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing dan diadopsi ke dalam bahasa lain dengan perubahan atau tanpa perubahan. 2. Ada beberapa jenis kata serapan, antara lain: a. Kata serapan langsung: Kata yang diambil langsung dari bahasa asing tanpa mengalami perubahan, seperti "coffee" (kopi) dari bahasa Inggris. b. Kata serapan baku: Kata yang diadopsi ke dalam bahasa lain dengan perubahan tertentu untuk sesuaikan dengan struktur dan aturan tata bahasa, seperti "televise" (televisi) dari bahasa Inggris. c. Kata serapan pinjaman: Kata yang diambil dari bahasa asing dan digunakan dalam bahasa lain dengan makna yang sama, seperti "hotel" (hotel) dari bahasa Prancis. d. Deverbal: Kata benda yang dihasilkan dari kata kerja asing, seperti "shopping" (belanja) dari kata kerja "shop" dalam bahasa Inggris. e. Sufiksasi: Penggunaan akhiran atau prefiks pada kata asing untuk menciptakan kata baru dalam bahasa lain, seperti "selfie" (selfie) dari kata kerja "self" dalam bahasa Inggris. f. Blend: Gabungan dua atau lebih kata untuk menciptakan kata baru dengan makna baru, seperti "brunch" (brunch) dari gabungan "breakfast" dan "lunch". 3. Contoh bentuk kata serapan: a. Coffee (kopi) b. Television (televisi) c. Hotel (hotel) d. Shopping (belanja) e. Selfie (selfie) f. Brunch (brunch)


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

24 Mei 2024 13:53

Jawaban terverifikasi

<p>Kata serapan adalah kata yang diambil dari bahasa asing dan disesuaikan dengan kaidah bahasa penerima. Bentuk kata serapan dalam bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat penyesuaiannya:</p><p><strong>Kata Serapan Utuh (Tanpa Perubahan)</strong></p><ul><li>Contoh: film (dari bahasa Inggris "film"), hotel (dari bahasa Inggris "hotel"), radio (dari bahasa Inggris "radio").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Ejaan</strong></p><ul><li>Contoh: aktif (dari bahasa Inggris "active"), sistem (dari bahasa Inggris "system"), universitas (dari bahasa Latin "universitas").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Fonologi</strong></p><ul><li>Contoh: telepon (dari bahasa Inggris "telephone"), dokter (dari bahasa Belanda "dokter"), paspor (dari bahasa Inggris "passport").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Bentuk dan Makna</strong></p><ul><li>Contoh: komputer (dari bahasa Inggris "computer"), biologi (dari bahasa Inggris "biology"), energi (dari bahasa Inggris "energy").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Adaptasi Morfologis</strong></p><ul><li>Contoh: demokrasi (dari bahasa Yunani "demokratia"), geografi (dari bahasa Yunani "geographia"), teknologi (dari bahasa Yunani "technologia").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Penerjemahan (Calque)</strong></p><ul><li>Contoh: ruang angkasa (dari bahasa Inggris "outer space"), balai kota (dari bahasa Inggris "city hall"), perang dingin (dari bahasa Inggris "cold war").</li></ul><p><strong>Kata Serapan yang Mengalami Penyederhanaan atau Penghilangan Unsur</strong></p><ul><li>Contoh: foto (dari bahasa Inggris "photograph"), pro (dari bahasa Inggris "professional"), lab (dari bahasa Inggris "laboratory").</li></ul>

Kata serapan adalah kata yang diambil dari bahasa asing dan disesuaikan dengan kaidah bahasa penerima. Bentuk kata serapan dalam bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tingkat penyesuaiannya:

Kata Serapan Utuh (Tanpa Perubahan)

  • Contoh: film (dari bahasa Inggris "film"), hotel (dari bahasa Inggris "hotel"), radio (dari bahasa Inggris "radio").

Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Ejaan

  • Contoh: aktif (dari bahasa Inggris "active"), sistem (dari bahasa Inggris "system"), universitas (dari bahasa Latin "universitas").

Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Fonologi

  • Contoh: telepon (dari bahasa Inggris "telephone"), dokter (dari bahasa Belanda "dokter"), paspor (dari bahasa Inggris "passport").

Kata Serapan yang Mengalami Perubahan Bentuk dan Makna

  • Contoh: komputer (dari bahasa Inggris "computer"), biologi (dari bahasa Inggris "biology"), energi (dari bahasa Inggris "energy").

Kata Serapan yang Mengalami Adaptasi Morfologis

  • Contoh: demokrasi (dari bahasa Yunani "demokratia"), geografi (dari bahasa Yunani "geographia"), teknologi (dari bahasa Yunani "technologia").

Kata Serapan yang Mengalami Penerjemahan (Calque)

  • Contoh: ruang angkasa (dari bahasa Inggris "outer space"), balai kota (dari bahasa Inggris "city hall"), perang dingin (dari bahasa Inggris "cold war").

Kata Serapan yang Mengalami Penyederhanaan atau Penghilangan Unsur

  • Contoh: foto (dari bahasa Inggris "photograph"), pro (dari bahasa Inggris "professional"), lab (dari bahasa Inggris "laboratory").

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

makanan apa saja yang 100% terbuat dari tumbuhan

9

5.0

Jawaban terverifikasi