Danesha S

01 Agustus 2023 08:27

Iklan

Danesha S

01 Agustus 2023 08:27

Pertanyaan

apa saja bagian bagian yang ada di telinga

apa saja bagian bagian yang ada di telinga

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

03

:

25

:

16

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Arnoldy K

Community

01 Agustus 2023 09:28

Jawaban terverifikasi

<p>Halo Kakak.<br>Saya bantu jawab ya Kakak.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, bagian-bagian telinga terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:</p><p>1. Telinga bagian luar<br>2. Telinga bagian tengah<br>3. Telinga bagian dalam</p><p>&nbsp;</p><p>Penjelasannya sebagai berikut:</p><p>1. Telinga bagian luar</p><p>&nbsp;</p><p>Anatomi telinga bagian luar terdiri dari daun telinga (pinna) dan lubang telinga. Daun telinga berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara dari lingkungan sekitar dan mengantarnya ke gendang telinga melalui lubang telinga.</p><p>&nbsp;</p><p>Sementara itu, daun telinga berperan sebagai saluran yang menghubungkan antara telinga bagian luar dengan telingan bagian tengah.</p><p>&nbsp;</p><p>2. Telinga bagian tengah</p><p>&nbsp;</p><p>Anatomi telinga bagian tengah terdiri dari dua bagian, yaitu osikel dan saluran eustachius. Osikel merupakan sekumpulan tulang yang berperan sebagai penyusun telinga bagian tengah. Ada tiga jenis tulang yang menjadi bagian dalam osikel, yaitu:</p><ul><li>Tulang martil (malleus), yaitu tulang yang melekat di gendang telinga.</li><li>Tulang landasan (incus), yaitu tulang yang berada di tengah rangkaian tulang pendengaran telinga.</li><li>Tulang sanggurdi (stapes), yaitu tulang yang menjadi penghubung antara telinga tengah dan telinga dalam.</li></ul><p>Selain ketiga tulang di atas, telinga bagian tengah juga dihubungkan dengan saluran eustachius yang terletak di ujung tenggorokan. Saluran ini berfungsi untuk menyalurkan lendir dari telinga tengah dan menjaga tekanan udara di telinga tengah.</p><p>&nbsp;</p><p>3. Telinga bagian dalam</p><p>&nbsp;</p><p>Di telinga bagian dalam terdapat koklea, yaitu organ yang memiliki saraf-saraf pendengaran. Koklea memiliki bentuk yang menyerupai siput dan terdiri dari dua jenis cairan, yaitu endolymph dan perilymph.</p><p>&nbsp;</p><p>Di sekitar koklea terdapat sel rambut halus yang berperan penting dalam mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran. Selain untuk mendengar, fungsi keseimbangan juga dijalankan di telinga bagian dalam.</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga dapat di pahami ya Kakak..</p>

Halo Kakak.
Saya bantu jawab ya Kakak.

 

Jadi, bagian-bagian telinga terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Telinga bagian luar
2. Telinga bagian tengah
3. Telinga bagian dalam

 

Penjelasannya sebagai berikut:

1. Telinga bagian luar

 

Anatomi telinga bagian luar terdiri dari daun telinga (pinna) dan lubang telinga. Daun telinga berfungsi untuk mengumpulkan gelombang suara dari lingkungan sekitar dan mengantarnya ke gendang telinga melalui lubang telinga.

 

Sementara itu, daun telinga berperan sebagai saluran yang menghubungkan antara telinga bagian luar dengan telingan bagian tengah.

 

2. Telinga bagian tengah

 

Anatomi telinga bagian tengah terdiri dari dua bagian, yaitu osikel dan saluran eustachius. Osikel merupakan sekumpulan tulang yang berperan sebagai penyusun telinga bagian tengah. Ada tiga jenis tulang yang menjadi bagian dalam osikel, yaitu:

  • Tulang martil (malleus), yaitu tulang yang melekat di gendang telinga.
  • Tulang landasan (incus), yaitu tulang yang berada di tengah rangkaian tulang pendengaran telinga.
  • Tulang sanggurdi (stapes), yaitu tulang yang menjadi penghubung antara telinga tengah dan telinga dalam.

Selain ketiga tulang di atas, telinga bagian tengah juga dihubungkan dengan saluran eustachius yang terletak di ujung tenggorokan. Saluran ini berfungsi untuk menyalurkan lendir dari telinga tengah dan menjaga tekanan udara di telinga tengah.

 

3. Telinga bagian dalam

 

Di telinga bagian dalam terdapat koklea, yaitu organ yang memiliki saraf-saraf pendengaran. Koklea memiliki bentuk yang menyerupai siput dan terdiri dari dua jenis cairan, yaitu endolymph dan perilymph.

 

Di sekitar koklea terdapat sel rambut halus yang berperan penting dalam mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik di saraf pendengaran. Selain untuk mendengar, fungsi keseimbangan juga dijalankan di telinga bagian dalam.

 

Semoga dapat di pahami ya Kakak..


Danesha S

01 Agustus 2023 10:14

Terima kasih ya kak udah bantu jawab

Iklan

Vaezs T

01 Agustus 2023 10:54

Mereka terdiri dari Malleus (menempel pada gendang telinga), inkus (melekat pada maleus), dan stapes (menempel pada inkus dan menjadi tulang terkecil pada tubuh). Ketiga tulang ini berperan penting dalam mentransmisikan getaran dari gendang telinga ke koklea (bagian dalam telinga).


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan