Malista L

22 April 2020 01:35

Iklan

Iklan

Malista L

22 April 2020 01:35

Pertanyaan

apa peristiwa yang dibanggakan dalam sejarah indonesia?


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Fauzia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

21 Januari 2022 15:40

Jawaban terverifikasi

Hai Malista L, kakak bantu jawab ya. Peristiwa yang patut dibanggakan dalam sejarah bangsa Indonesia adalah kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang menginspirasi semangat nasionalisme, peristiwa Sumpah Pemuda, para bapak pendiri bangsa, dan aksi heroik para pejuang di daerah-daerah yang ikut dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Indonesia merupakan bangsa dengan latar belakang sejarah yang sangat panjang. Peristiwa sejarah Indonesia pertama yang patut dibanggakan adalah kejayaan Kerajaan Sriwijaya, yaitu kerajaan maritim terbesar di Nusantara yang menjadi pusat perdagangan nasional dan internasional pada masanya. Sejarah kejayaan Sriwijaya menginspirasi semangat rakyat Indonesia, agar dapat menjadi bangsa yang mandiri di era penjajahan. Selanjutnya ada sejarah pergerakan nasional Indonesia, pada masa tersebut adalah periode penting pembentukan politik dan jati diri bangsa Indonesia. Pada masa pergerakan nasional, banyak melahirkan golongan elit terpelajar, tokoh revolusi, tokoh nasionalis, tokoh-tokoh pendiri bangsa dll. Adapula peristiwa sejarah yang perlu dibanggakan adalah peristiwa Sumpah Pemuda pada pelaksanaan Kongres Pemuda II di Jakarta, dari peristiwa tersebut menjadi awal persatuan dan kesatuan perjuangan seluruh rakyat Indonesia dan peristiwa yang juga menegaskan bahwa akan berdirinya negara Indonesia merdeka. Selanjutnya ada pula peristiwa-peristiwa seputar kemerdekaan, yang dimulai dari pembentukan BPUPKI dan PPKI yang melahirkan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila, selanjutnya peristiwa Rengasdengklok yang menunjukan kegigihan golongan muda untuk melaksanakan proklamasi kemerdekaan, selanjutnya ada peristiwa proklamasi kemerdekaan di tengah pasukan Jepang yang masih berjaga di Indonesia, dan peristiwa 10 November 1945, dimana banyak para pejuang yang gugur karena rela mengorbankan jiwanya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia yan telah susah payah diraih setelah kedatangan kembali Belanda bersama Sekutu. Semoga membantu yaa :))


Iklan

Iklan

Wawan W

23 April 2020 10:07

Tentunya semua peristiwa yang bernilai sejarah perjuangan patut dibanggakan oleh kita sebagai generasi sekarang. karena tanpa perjuangan para pahlawan kita terdahulu kita mungkin tdk akan hidup nyaman seperti sekarang. atau istilah lainnya Merdeka.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

zaman Neolitikum adalah Zaman Batu.....?

2

0.0

Jawaban terverifikasi

Ayo Join dan ramaikan grup penyuka MTK-IPA ketik link dibawah ini langsung dibrowser atau disalah satu kontak whatsapp kalian. https://chat.whatsapp.com/BeEbjhTQR4pC8YTUvvQ7Mj jangan lupa sebarkan informasi ini ke temen" kalian ya, see you๐Ÿ˜‰

1

5.0

Lihat jawaban (2)