Zahra Z

17 Februari 2024 12:03

Iklan

Iklan

Zahra Z

17 Februari 2024 12:03

Pertanyaan

Apa perbedaan penyimpangan bersifat relatif mutlak dengan penyimpanan bersifat primer sekunder? apa perbedaannya

Apa perbedaan penyimpangan bersifat relatif mutlak dengan penyimpanan bersifat primer sekunder? apa perbedaannya 


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

18 Februari 2024 08:17

Jawaban terverifikasi

<p><br>Ada beberapa perbedaan utama antara penyimpangan relatif/mutlak dan penyimpanan primer/sekunder:</p><p><strong>Penyimpangan Relatif vs Mutlak:</strong></p><p><strong>1. Definisi:</strong></p><ul><li><strong>Relatif:</strong> Penyimpangan yang diukur berdasarkan norma sosial yang berlaku di suatu masyarakat. Norma sosial ini dapat berubah seiring waktu dan berbeda di setiap tempat.</li><li><strong>Mutlak:</strong> Penyimpangan yang diukur berdasarkan nilai-nilai universal yang tidak berubah, seperti norma agama atau moral.</li></ul><p><strong>2. Contoh:</strong></p><ul><li><strong>Relatif:</strong> Berpakaian minim di pantai mungkin dianggap normal, tetapi di tempat ibadah mungkin dianggap menyimpang.</li><li><strong>Mutlak:</strong> Mencuri adalah tindakan menyimpang di mana pun dan kapan pun.</li></ul><p><strong>3. Dampak:</strong></p><ul><li><strong>Relatif:</strong> Dampak penyimpangan relatif terhadap individu dan masyarakat tergantung pada norma yang berlaku.</li><li><strong>Mutlak:</strong> Dampak penyimpangan mutlak umumnya lebih negatif dan dapat mengakibatkan hukuman yang lebih berat.</li></ul><p><strong>Penyimpanan Primer vs Sekunder:</strong></p><p><strong>1. Definisi:</strong></p><ul><li><strong>Primer:</strong> Penyimpanan data yang cepat dan mudah diakses, seperti RAM.</li><li><strong>Sekunder:</strong> Penyimpanan data yang lebih lambat dan lebih sulit diakses, tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar, seperti hardisk.</li></ul><p><strong>2. Kapasitas:</strong></p><ul><li><strong>Primer:</strong> Kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.</li><li><strong>Sekunder:</strong> Kapasitas penyimpanan yang lebih besar.</li></ul><p><strong>3. Kecepatan:</strong></p><ul><li><strong>Primer:</strong> Kecepatan baca/tulis data yang lebih tinggi.</li><li><strong>Sekunder:</strong> Kecepatan baca/tulis data yang lebih rendah.</li></ul><p><strong>4. Biaya:</strong></p><ul><li><strong>Primer:</strong> Biaya per unit penyimpanan yang lebih tinggi.</li><li><strong>Sekunder:</strong> Biaya per unit penyimpanan yang lebih rendah.</li></ul><p><strong>5. Penggunaan:</strong></p><ul><li><strong>Primer:</strong> Digunakan untuk menyimpan data yang sering digunakan, seperti sistem operasi dan aplikasi.</li><li><strong>Sekunder:</strong> Digunakan untuk menyimpan data yang jarang digunakan, seperti dokumen, foto, dan video.</li></ul>


Ada beberapa perbedaan utama antara penyimpangan relatif/mutlak dan penyimpanan primer/sekunder:

Penyimpangan Relatif vs Mutlak:

1. Definisi:

  • Relatif: Penyimpangan yang diukur berdasarkan norma sosial yang berlaku di suatu masyarakat. Norma sosial ini dapat berubah seiring waktu dan berbeda di setiap tempat.
  • Mutlak: Penyimpangan yang diukur berdasarkan nilai-nilai universal yang tidak berubah, seperti norma agama atau moral.

2. Contoh:

  • Relatif: Berpakaian minim di pantai mungkin dianggap normal, tetapi di tempat ibadah mungkin dianggap menyimpang.
  • Mutlak: Mencuri adalah tindakan menyimpang di mana pun dan kapan pun.

3. Dampak:

  • Relatif: Dampak penyimpangan relatif terhadap individu dan masyarakat tergantung pada norma yang berlaku.
  • Mutlak: Dampak penyimpangan mutlak umumnya lebih negatif dan dapat mengakibatkan hukuman yang lebih berat.

Penyimpanan Primer vs Sekunder:

1. Definisi:

  • Primer: Penyimpanan data yang cepat dan mudah diakses, seperti RAM.
  • Sekunder: Penyimpanan data yang lebih lambat dan lebih sulit diakses, tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar, seperti hardisk.

2. Kapasitas:

  • Primer: Kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.
  • Sekunder: Kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

3. Kecepatan:

  • Primer: Kecepatan baca/tulis data yang lebih tinggi.
  • Sekunder: Kecepatan baca/tulis data yang lebih rendah.

4. Biaya:

  • Primer: Biaya per unit penyimpanan yang lebih tinggi.
  • Sekunder: Biaya per unit penyimpanan yang lebih rendah.

5. Penggunaan:

  • Primer: Digunakan untuk menyimpan data yang sering digunakan, seperti sistem operasi dan aplikasi.
  • Sekunder: Digunakan untuk menyimpan data yang jarang digunakan, seperti dokumen, foto, dan video.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 22:46

Jawaban terverifikasi

<p>Penyimpangan bersifat relatif mutlak dan penyimpangan bersifat primer dan sekunder merujuk pada dua konsep yang berbeda dalam kriminologi dan sosiologi. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya:</p><p><strong>Penyimpangan Bersifat Relatif Mutlak:</strong></p><ul><li><strong>Definisi:</strong> Penyimpangan bersifat relatif mutlak mengacu pada pelanggaran norma sosial yang dianggap menyimpang dari standar umum dalam masyarakat tertentu.</li><li><strong>Karakteristik:</strong> Tingkat penyimpangan ini relatif dan dapat berubah tergantung pada norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat. Apa yang dianggap menyimpang di satu tempat mungkin tidak dianggap demikian di tempat lain.</li><li><strong>Contoh:</strong> Pakaian dengan gaya yang dianggap aneh di suatu masyarakat dapat dianggap sebagai penyimpangan bersifat relatif mutlak.</li></ul><p><strong>Penyimpangan Bersifat Primer dan Sekunder:</strong></p><p><strong>Penyimpangan Bersifat Primer:</strong></p><ul><li><strong>Definisi:</strong> Penyimpangan bersifat primer merujuk pada pelanggaran norma yang terjadi karena individu belum sepenuhnya terintegrasikan ke dalam norma sosial masyarakat.</li><li><strong>Karakteristik:</strong> Penyimpangan primer biasanya terkait dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada fase awal pembelajaran nilai-nilai dan norma sosial.</li><li><strong>Contoh:</strong> Tindakan-tindakan seperti vandalisme atau penggunaan nar-koba oleh remaja yang belum sepenuhnya memahami dan menginternalisasi norma sosial.</li></ul><p><strong>Penyimpangan Bersifat Sekunder:</strong></p><ul><li><strong>Definisi:</strong> Penyimpangan bersifat sekunder terjadi ketika individu yang telah terintegrasikan ke dalam norma masyarakat melakukan pelanggaran norma.</li><li><strong>Karakteristik:</strong> Penyimpangan sekunder lebih terkait dengan tindakan yang terjadi setelah individu telah terlibat dalam masyarakat dan kemudian melakukan pelanggaran norma.</li><li><strong>Contoh:</strong> Seorang siswa yang sebelumnya baik-baik saja (terintegrasikan ke dalam norma) mulai terlibat dalam perilaku menyimpang seperti perkelahian di sekolah.</li></ul><p>Jadi, perbedaan utama adalah bahwa penyimpangan bersifat relatif mutlak berkaitan dengan norma sosial dalam suatu masyarakat, sementara penyimpangan bersifat primer dan sekunder lebih berfokus pada tahap integrasi individu ke dalam norma sosial dan waktu terjadinya pelanggaran norma.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Penyimpangan bersifat relatif mutlak dan penyimpangan bersifat primer dan sekunder merujuk pada dua konsep yang berbeda dalam kriminologi dan sosiologi. Berikut adalah perbedaan di antara keduanya:

Penyimpangan Bersifat Relatif Mutlak:

  • Definisi: Penyimpangan bersifat relatif mutlak mengacu pada pelanggaran norma sosial yang dianggap menyimpang dari standar umum dalam masyarakat tertentu.
  • Karakteristik: Tingkat penyimpangan ini relatif dan dapat berubah tergantung pada norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat. Apa yang dianggap menyimpang di satu tempat mungkin tidak dianggap demikian di tempat lain.
  • Contoh: Pakaian dengan gaya yang dianggap aneh di suatu masyarakat dapat dianggap sebagai penyimpangan bersifat relatif mutlak.

Penyimpangan Bersifat Primer dan Sekunder:

Penyimpangan Bersifat Primer:

  • Definisi: Penyimpangan bersifat primer merujuk pada pelanggaran norma yang terjadi karena individu belum sepenuhnya terintegrasikan ke dalam norma sosial masyarakat.
  • Karakteristik: Penyimpangan primer biasanya terkait dengan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada fase awal pembelajaran nilai-nilai dan norma sosial.
  • Contoh: Tindakan-tindakan seperti vandalisme atau penggunaan nar-koba oleh remaja yang belum sepenuhnya memahami dan menginternalisasi norma sosial.

Penyimpangan Bersifat Sekunder:

  • Definisi: Penyimpangan bersifat sekunder terjadi ketika individu yang telah terintegrasikan ke dalam norma masyarakat melakukan pelanggaran norma.
  • Karakteristik: Penyimpangan sekunder lebih terkait dengan tindakan yang terjadi setelah individu telah terlibat dalam masyarakat dan kemudian melakukan pelanggaran norma.
  • Contoh: Seorang siswa yang sebelumnya baik-baik saja (terintegrasikan ke dalam norma) mulai terlibat dalam perilaku menyimpang seperti perkelahian di sekolah.

Jadi, perbedaan utama adalah bahwa penyimpangan bersifat relatif mutlak berkaitan dengan norma sosial dalam suatu masyarakat, sementara penyimpangan bersifat primer dan sekunder lebih berfokus pada tahap integrasi individu ke dalam norma sosial dan waktu terjadinya pelanggaran norma.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa perbedaan permutasi dan kombinasi? Gimana untuk mengetahui soal merupakan pertanyaan permutasi atau kombinasi? Apa mungkin ada pertanyaan yang meminta menggunakan permutasi juga kombinasi sekaligus? Contohnya untuk ketiga pertanyaan di atas?

10

4.0

Jawaban terverifikasi