Surya...s

18 Maret 2020 03:07

Pertanyaan

Apa perbedaan detrivor dan dekomposer?


12

2

Jawaban terverifikasi

A. Chanisya

08 Januari 2022 07:07

Jawaban terverifikasi

Halo Surya, kakak bantu jawab ya :) Detritivor adalah organisme heterotrof yang memakan sisa-sisa makhluk hidup, sedangkan dekomposer (pengurai) adalah organisme yang menguraikan sisa-sisa organisme untuk memperoleh makanan. Pada ekosistem organisme yang memakan sisa-sisa makhluk hidup disebut sebagai detrivor. Detrivor akan memakan partikel-partikel organik yang terdapat pada sisa-sisa makhluk hidup. Contoh detritivor adalah cacing tanah, keluwing, kutu kayu, dan rayap. Sedangkan dekomposer (pengurai) merupakan organisme yang mampu menguraikan sisa-sisa organisme ataupun zat organik kompleks menjadi lebih sederhana untuk memperoleh untuk bahan organik atau makanan. Contoh dekomposer adalah bakteri dan jamur. Semoga membantu!


Iklan

Ilma N

18 Maret 2020 05:10

Detritivor adalah organisme yg memakan bahan organik berupa sampah/serasah yg disebut detritus menjadi partikel-partikel lebih kecil. sedangkan Dekomposer/pengurai adalah organisme yang mampu merombak sisa - sisa makhluk hidup yang telah mati menjadi zat yang lebih sederhana.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Dalam wawasan ekologi, lumut merupakan vegetasi perintis yang mengawali sukses lahan. Namun, sering kita lihat bahwa lumut juga mengakibatkan pelapukan dinding,bangunan,dan batu. menurutmu apakah pelapukan oleh lumut menimbulkan kerugian? bagaimana tindakanmu jika melihat tumbuhan lumut berkembang biak di dinding rumahmu?

74

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan