Maskur M

08 April 2020 11:12

Iklan

Iklan

Maskur M

08 April 2020 11:12

Pertanyaan

apa pengertian dari litotes?


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Naufalia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

26 Januari 2022 08:46

Jawaban terverifikasi

Hallo Maskur. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Majas litotes adalah jenis gaya bahasa yang menyandung pernyataan yang dikurangi dari kenyataan yang sebenarnya, misalnya merendahkan diri. Mari cermati pembahasan berikut ini! Majas merupakan salah satu gaya bahasa yang digunakan sebagai teknik dalam merangkai sebuah puisi. Majas mempunyai sebuah tujuan yaitu untuk menciptakan aspek keindahan di dalam sebuah karya sastra. Macam-macam majas di antaranya: 1. Majas perbandingan: personifikasi, metafora, asosiasi, hiperbola, dan eufimisme. 2. Majas pertentangan: litotes, paradoks, dan antitesis. 3. Majas sindiran: ironi, sinisme, dan sarkasme. 4. Majas penegasan: pleonasme, repetisi, dan retorika. Di antara majas tersebut, terdapat majas litotes. Majas litotes adalah jenis gaya bahasa yang menyandung pernyataan yang dikurangi dari kenyataan yang sebenarnya, misalnya merendahkan diri. Contoh kalimatnya adalah "Janganlah sungkan untuk singgah di gubuk kami lagi." Maksudnya, kata "gubuk" pada kalimat di atas bukanlah gubuk yang sebenarnya, melainkan perendahan dari rumah dan bisa jadi rumahnya cukup besar atau mewah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa majas litotes adalah jenis gaya bahasa yang menyandung pernyataan yang dikurangi dari kenyataan yang sebenarnya, misalnya merendahkan diri. Semoga membantu ya:)


Iklan

Iklan

Chintya R

08 April 2020 23:17

. Litotes adalah majas yang mengungkapkan perkataan dengan rendah hati dan lemah lembut. Biasanya hal ini dicapai dengan menyangkal lawan daripada hal yang ingin diungkapkan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tulislah kembali paragraf di bawah dengan membetulkan kesalahan ejaannya.! di kabupaten tegal, jawa tengah terdapat sebuah waduk yang bernama waduk cacaban. terletak di kecamatan kedung banteng. waduk ini dibangun oleh ir sukarno pada tahun 1952.

9

5.0

Jawaban terverifikasi