Melati R

31 Januari 2023 01:33

Iklan

Iklan

Melati R

31 Januari 2023 01:33

Pertanyaan

Apa pendapatmu tentang menghargai keragaman identitas, jelaskan!

Apa pendapatmu tentang menghargai keragaman identitas, jelaskan!


11

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kramat K

31 Januari 2023 19:41

Jawaban terverifikasi

<p>Kita harus menghargai adanya keberagaman di Indonesia karena keberagaman ini merupakan anugerah yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai manusia tidak bisa mengubahnya. Selain itu, keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia juga menunjukkan kekayaan bangsa Indonesia yang luar biasa.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan</p><p>keberagaman suku bangsa dan budaya adalah salah satu identitas dari bangsa Indonesia yang membuat Indonesia disebut sebagai bangsa pluralistik. Maka dari itu, keberagaman suku bangsa sudah menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan juga sudah menjadi salah satu keunggulan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ini pada dasarnya merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia sehingga kita harus bisa menghargai adanya keberagaman di lingkungan kita. Salah satu sikap yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh seseorang dalam menyikapi adanya keberagaman masyarakat di Indonesia adalah toleransi.</p><p>Toleransi adalah suatu sikap yang membuat seseorang bisa menghargai dan menghormati adanya perbedaan yang ada. Sikap toleransi ini sebenarnya memiliki banyak dimensi, mulai dari menghargai kebudayaan, ras, hingga menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Maka dari itu, sikap toleransi Inl adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku bangsa dan budaya yang luar biasa.</p><p>Berikut adalah beberapa tindakan yang menunjukkan sikap toleransi di tengah keberagaman suku bangsa dan budaya</p><p>Indonesia:</p><p>⚫ Mau berteman dengan siapa saja tanpa melihat agama yang dianutnya ataupun</p><p>suku bangsanya.&nbsp;</p><p>⚫Tidak merendahkan agama, ras, suku, dan</p><p>budaya yang dimiliki oleh orang lain.&nbsp;</p><p>⚫ Tidak meninggikan agama, ras, suku, dan budaya yang kita miliki.</p><p>⚫ Melestarikan kebudayaan yang kita miliki.</p>

Kita harus menghargai adanya keberagaman di Indonesia karena keberagaman ini merupakan anugerah yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa dan kita sebagai manusia tidak bisa mengubahnya. Selain itu, keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia juga menunjukkan kekayaan bangsa Indonesia yang luar biasa.

 

Pembahasan

keberagaman suku bangsa dan budaya adalah salah satu identitas dari bangsa Indonesia yang membuat Indonesia disebut sebagai bangsa pluralistik. Maka dari itu, keberagaman suku bangsa sudah menjadi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan juga sudah menjadi salah satu keunggulan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Adanya keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia ini pada dasarnya merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia sehingga kita harus bisa menghargai adanya keberagaman di lingkungan kita. Salah satu sikap yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh seseorang dalam menyikapi adanya keberagaman masyarakat di Indonesia adalah toleransi.

Toleransi adalah suatu sikap yang membuat seseorang bisa menghargai dan menghormati adanya perbedaan yang ada. Sikap toleransi ini sebenarnya memiliki banyak dimensi, mulai dari menghargai kebudayaan, ras, hingga menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. Maka dari itu, sikap toleransi Inl adalah salah satu sikap yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku bangsa dan budaya yang luar biasa.

Berikut adalah beberapa tindakan yang menunjukkan sikap toleransi di tengah keberagaman suku bangsa dan budaya

Indonesia:

⚫ Mau berteman dengan siapa saja tanpa melihat agama yang dianutnya ataupun

suku bangsanya. 

⚫Tidak merendahkan agama, ras, suku, dan

budaya yang dimiliki oleh orang lain. 

⚫ Tidak meninggikan agama, ras, suku, dan budaya yang kita miliki.

⚫ Melestarikan kebudayaan yang kita miliki.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

mengapa tanggung jawab sangat penting dalam diri seseorang?

119

0.0

Jawaban terverifikasi