Alin M

04 Februari 2020 14:13

Pertanyaan

Apa kelebihan dan kekukrangan perdagangan antarnegara di bandingkan dengan perdagangan antardaerah??


31

2

Jawaban terverifikasi

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

24 Desember 2021 01:02

Jawaban terverifikasi

Hai Alin M! Kakak bantu jawab ya :) Kegiatan perdagangan antarnegara ini merupakan aktivitas transaksi masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain. Kegiatan ini dilakukan melalui ekspor dan impor. Sedangkan perdagangan antardaerah merupakan kegiatan tukar-menukar barang atau jasa dengan kesepakatan bersama. Kelebihan perdagangan antarnegara adalah memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri yang tidak ada di Indonesia, meningkatkan pendapatan negara, meningkatkan kemampuan penguasaan teknologi dalam mengolah sumber daya alam, serta menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan negara lain secara luas. Sedangkan kekurangan atau dampak negatif yang dapat muncul adalah kesulitan produk lokal berdaya saing, dan apabila terjadi kelebihan impor dibandingkan ekspor maka negara akan mengalami defisit. Semoga membantu, jangan ragu untuk bertanya lagi di Ruangguru :)


Kamila R

05 Februari 2020 13:52

kelebihan : Dapat memenuhi kebutuhan barang yang belum bisa terpenuhi di negara tersebut kekurangan : jarak antar negara jauh


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Pertanyaan Sya Apa Kah Dengan Adanya Wabah Virus Corona Ini Atau Covid-19 Sangat Berpengaruh Dengan Kehidupan Ekonomi Masyarakat?

9

5.0

Jawaban terverifikasi