Gusti N

18 Maret 2020 04:56

Iklan

Iklan

Gusti N

18 Maret 2020 04:56

Pertanyaan

apa keku rangan BUMN


112

7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Vita

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

19 Januari 2022 05:11

Jawaban terverifikasi

Jawaban: Kekurangan BUMN: 1. Sering mengalami kerugian karena sifat usaha yang mengutamakan kepentingan publik. 2. Apabila modal dari pinjaman luar negeri terlalu banyak dan sulit dibayar, maka tanggungan utang negara jadi semakin besar. 3. BUMN yang terus merugi akan tetap diberi suntikan modal oleh pemerintah, meski belum ada perbaikan dari sisi manajemen. Hal ini berakibat membebani keuangan negara. 4. Monopoli negara yang berlebihan bisa mematikan usaha- usaha dengan jenis yang sama. 5. BUMN yang maju pesat bisa menimbulkan persaingan tidak sehat dengan pihak swasta. Pembahasan: BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara. BUMN dapat dimaknai setara dengan perusahaan, karena mengacu pada istilah badan usaha. Namun, berbeda dengan perusahaan pada umumnya, pendirian BUMN tidak hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan saja. Pendirian BUMN juga berupaya untuk memberikan sumbangan bagi perkembangan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi, BUMN didirikan atas dasar keinginan negara untuk memenuhi kewajibannya dalam menjalankan tugas pemerintahan sekaligus menyelenggarakan kesejahteraan rakyat dengan memenuhi kebutuhan masyarakat banyak. Namun demikian, BUMN memiliki beberapa kekurangan seperti yang Kakak kemukan di atas. Semoga membantu, ya :)


Iklan

Iklan

Stefany B

18 Maret 2020 05:13

1.Agak lambat mengambil keputusan karna pemilik modal adalah pemerintah 2. Rawan terjadi Korupsi,Kolusi, nepotisme (KKN) 3. Keberlangsungan hidup badan ini tergantung niat para penentu kebijakan


Dalilah K

18 Maret 2020 07:13

1. organisasi kaku dan birokratis 2.pengambilan keputusan lambat 3.banyak yang rugi


Sang W

18 Maret 2020 07:30

orang bali ya sama dong


シャ...a

18 Maret 2020 07:36

•Pengelolaan faktor-faktor produksi tidak efisien. •Manajemen perusahaan kurang profesional. •Menimbulkan monopoli atas sektor-sektor vital. •Pengelolaan perusahaan terhambat dengan peraturan-peraturan yang mengikat. •Sulit memperoleh keuntungan bahkan seringkali merugi.


I G

18 Maret 2020 07:55

1) Cenderung lambat dlm mengambil keputusan hal ini di sebabkan karena pemilik modal adalah pemerintah. 2)Keberlangsungan hidup badan ini tergantung dgn niat para penentu kebijakan. 3)Rawan terjadinya korupsi,kolusi,dan nepotisme (KKN)


Benedict M

18 Maret 2020 08:54

kosa kata


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tuliskan batas laut Pulau Jawa!

34

5.0

Jawaban terverifikasi