Suci P

02 Juni 2024 01:28

Iklan

Iklan

Suci P

02 Juni 2024 01:28

Pertanyaan

Apa jawaban ya

Apa jawaban ya

alt

8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Juni 2024 07:11

Jawaban terverifikasi

<p>Penjelasan_</p><p>a. Mekanik&nbsp;</p><p>Mekanik adalah usaha pengendalian dengan cara mencari jasad perusak tanaman, kemudian memusnahkannya. Cara ini dapat dilakukan dengan tangan atau menggunakan alat berupa perangkap. Terkadang cara ini lebih efektif untuk menekan populasi hama dan tentu saja dengan memperhatikan waktu dan tempat yang tepat.</p><p>b. Biologis</p><p>Pengendalian biologis adalah penggunaan serangga bermanfaat seperti predator dan parasitoid, atau patogen seperti jamur dan virus oleh manusia, untuk mengendalikan serangga, gulma, atau penyakit yang tidak diinginkan.</p><p>Hal ini didefinisikan sebagai pengurangan populasi hama oleh musuh alami dan biasanya melibatkan peran aktif manusia. Perlu diingat bahwa semua spesies serangga juga ditekan oleh organisme alami dan faktor lingkungan, tanpa campur tangan manusia. Hal ini sering disebut sebagai pengendalian alami.</p><p>c.Pengendalian OPT secara kimiawi ialah pengendalian dengan cara menggunakan senyawa kimia (pestisida). Cara ini dianjurkan sebagai alternatif pengendalian terakhir karena meskipun ampuh membunuh sasaran, mempunyai efek sampingan yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia.</p>

Penjelasan_

a. Mekanik 

Mekanik adalah usaha pengendalian dengan cara mencari jasad perusak tanaman, kemudian memusnahkannya. Cara ini dapat dilakukan dengan tangan atau menggunakan alat berupa perangkap. Terkadang cara ini lebih efektif untuk menekan populasi hama dan tentu saja dengan memperhatikan waktu dan tempat yang tepat.

b. Biologis

Pengendalian biologis adalah penggunaan serangga bermanfaat seperti predator dan parasitoid, atau patogen seperti jamur dan virus oleh manusia, untuk mengendalikan serangga, gulma, atau penyakit yang tidak diinginkan.

Hal ini didefinisikan sebagai pengurangan populasi hama oleh musuh alami dan biasanya melibatkan peran aktif manusia. Perlu diingat bahwa semua spesies serangga juga ditekan oleh organisme alami dan faktor lingkungan, tanpa campur tangan manusia. Hal ini sering disebut sebagai pengendalian alami.

c.Pengendalian OPT secara kimiawi ialah pengendalian dengan cara menggunakan senyawa kimia (pestisida). Cara ini dianjurkan sebagai alternatif pengendalian terakhir karena meskipun ampuh membunuh sasaran, mempunyai efek sampingan yang berbahaya bagi kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia.


Iklan

Iklan

Putu N

02 Juni 2024 12:26

Jawaban terverifikasi

<p>Pengendalian hama adalah praktik mengendalikan populasi hama untuk mencegah kerusakan pada tanaman, hewan, atau struktur. Tiga metode pengendalian hama adalah:</p><ol><li>Mekanis: Metode ini melibatkan penggunaan alat atau metode fisik untuk mengendalikan hama. Contohnya termasuk memanen tanaman yang terinfeksi oleh hama, membasahi tanaman dengan air untuk mengusir hama, atau menggunakan perangkap untuk menangkap dan menghilangkan hama.</li><li>Biologis: Metode ini melibatkan penggunaan organisme hidup, seperti predator atau patogen, untuk mengendalikan hama. Contohnya termasuk memperkenalkan predator serangga untuk mengontrol populasi hama serangga, atau menggunakan jamur patogen untuk mengontrol hama jamur.</li><li>Kimiawi: Metode ini melibatkan penggunaan bahan kimia, seperti insektisida atau herbisida, untuk mengendalikan hama. Bahan kimia ini dapat menghancurkan atau mengusir hama dengan cara yang mengganggu proses fisiologis mereka, seperti merusak sistem saraf atau mengganggu metabolisme.</li></ol>

Pengendalian hama adalah praktik mengendalikan populasi hama untuk mencegah kerusakan pada tanaman, hewan, atau struktur. Tiga metode pengendalian hama adalah:

  1. Mekanis: Metode ini melibatkan penggunaan alat atau metode fisik untuk mengendalikan hama. Contohnya termasuk memanen tanaman yang terinfeksi oleh hama, membasahi tanaman dengan air untuk mengusir hama, atau menggunakan perangkap untuk menangkap dan menghilangkan hama.
  2. Biologis: Metode ini melibatkan penggunaan organisme hidup, seperti predator atau patogen, untuk mengendalikan hama. Contohnya termasuk memperkenalkan predator serangga untuk mengontrol populasi hama serangga, atau menggunakan jamur patogen untuk mengontrol hama jamur.
  3. Kimiawi: Metode ini melibatkan penggunaan bahan kimia, seperti insektisida atau herbisida, untuk mengendalikan hama. Bahan kimia ini dapat menghancurkan atau mengusir hama dengan cara yang mengganggu proses fisiologis mereka, seperti merusak sistem saraf atau mengganggu metabolisme.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa itu perpindahan kalor secara radiasi?

0

0.0

Jawaban terverifikasi