Fandhi R

03 November 2021 04:28

Iklan

Iklan

Fandhi R

03 November 2021 04:28

Pertanyaan

apa itu urbanisasi


97

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Ika F

03 November 2021 07:08

Jawaban terverifikasi

Hai Fandhi! aku bantu jawab yaa Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Berbeda dengan perspektif ilmu kependudukan, definisi urbanisasi berarti persentase penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Perpindahan manusia dari desa ke kota adalah salah satu penyebab urbanisasi. Urbanisasi terjadi karena ketimpangan pembangunan antara desa dengan kota,sehingga terjadi ketimpangan ekonomi,sosial,dan budaya antara desa dgn kota.Akibatnya penduduk desa banyak yang tertarik untuk pindah ke kota dengan sejumlah fasilitas yang di tawarkan.


Iklan

Iklan

D. Prabowo

09 November 2021 08:45

Jawaban terverifikasi

Hallo Fandhi, kakak bantu jawab ya... Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dan desa ke kota yang disebabkan oleh adanya faktor penarik dari kota besar dan faktor pendorong dari desa. Orang yang melakukan urbanisasi disebut urban. Urbanisasi dapat sebabkan karena faktor pendorong dan penarik, yaitu: 1. Faktor Pendorong dari Desa 1. Terbatasnya kesempatan atau lapangan kerja di pedesaan 2. Upah kerja di pedesaan relatif rendah 3. Kurangnya fasilitas di pedesaan 4. Tanah pertanian di pedesaan banyak yang sudah tidak produktif 5. Kehidupan pedesaan lebih monoton daripada perkotaan 6. Timbulnya bencana di pedesaan 7. Momentum hari raya 2. Faktor Penarik dari Kota 1. Kesempatan kerja di perkotaan lebih banyak 2. Upah kerja yang tinggi di perkotaan 3. Kota sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, ilmu pengetahuan, dan teknologi sangat menarik untuk kehidupan sosial 4. Tersedia beragam fasilitas kehidupan dan infrastruktur, seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi, dan pusat-pusat perbelanjaan Maka, bisa simpulkan bahwa urbanisasi adalah perpindahan penduduk dan desa ke kota yang disebabkan oleh adanya faktor penarik dari kota besar dan faktor pendorong dari desa. Semoga membantu ya.


Naznin R

03 November 2021 09:06

Halo,Fandhi R! Aku bantu jawab,ya ^^ 📝Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah yang berpenduduk jarang ke wilayah yang berpenduduk padat atau perpindahan penduduk dari desa ke kota. Semoga membantu,ya :)


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jelaskan pengaruh urbanisasi terhadap keunggulan ekonomi negara, dan upaya positif pemerintah dalam urbanisasi?

51

0.0

Jawaban terverifikasi