Janeeta Z

23 Agustus 2023 12:00

Iklan

Iklan

Janeeta Z

23 Agustus 2023 12:00

Pertanyaan

Apa itu pertempuran Ambarawa


2

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

23 Agustus 2023 12:01

Jawaban terverifikasi

Pertempuran Ambarawa adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Pertempuran ini berlangsung pada tanggal 20 Desember 1945 antara pasukan Indonesia yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Soegiono melawan pasukan Belanda yang berusaha merebut kembali wilayah Jawa Tengah. Pertempuran Ambarawa terjadi di stasiun kereta api Ambarawa, Jawa Tengah. Pasukan Indonesia berhasil mempertahankan posisi mereka dan mengusir pasukan Belanda yang mencoba menduduki stasiun tersebut. Pertempuran ini menjadi salah satu momen penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, menunjukkan semangat perlawanan dan kesatuan rakyat dalam menghadapi pasukan kolonial Belanda. Pertempuran Ambarawa juga dianggap sebagai simbol perlawanan rakyat terhadap upaya kembalinya penjajahan Belanda setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Peristiwa ini menggambarkan semangat juang dan tekad untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

26 Agustus 2023 11:15

Jawaban terverifikasi

Pertempuran Ambarawa adalah salah satu peristiwa bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran ini terjadi pada masa Agresi Militer Belanda II, yaitu serangkaian operasi militer yang dilakukan oleh Belanda untuk merebut kembali wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Republik Indonesia. Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal 20-29 Desember 1948 di kota Ambarawa, Jawa Tengah, Indonesia. Pasukan Belanda melancarkan serangan untuk merebut kembali wilayah Ambarawa yang saat itu dikuasai oleh pasukan Indonesia. Pertempuran ini terutama terjadi di sekitar Stasiun Ambarawa dan Benteng Pendem, yang merupakan lokasi pertahanan utama pasukan Indonesia. Pasukan Indonesia, yang terdiri dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan masyarakat setempat, berhasil bertahan dan menghadapi serangan pasukan Belanda yang lebih besar dan lebih bersenjata. Meskipun menghadapi keterbatasan persenjataan dan pasukan yang lebih kecil, pasukan Indonesia di Ambarawa berhasil memberikan perlawanan sengit kepada pasukan Belanda. Pertempuran ini menjadi simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam melawan agresi militer dan penjajahan Belanda. Hasil pertempuran ini adalah kemenangan taktis bagi pasukan Indonesia, meskipun secara strategis situasinya masih kompleks karena agresi militer Belanda masih berlanjut. Pertempuran Ambarawa juga menunjukkan tekad dan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dan mengusir penjajah dari tanah air.


Janeeta Z

11 September 2023 05:31

thanks


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

gunung kerinci sama gunung talamun terletak dipulau apa

69

5.0

Jawaban terverifikasi

mengapa negara italia dalam bebarapa hari,banyak yg meniggal...??? hayoooo yg nonton youtube tentang virus corona pasti tau niiii....😏😏

123

5.0

Lihat jawaban (2)