Milah S

16 Februari 2020 08:56

Iklan

Iklan

Milah S

16 Februari 2020 08:56

Pertanyaan

apa itu peribahasa


9

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Naufalia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

03 Februari 2022 08:18

Jawaban terverifikasi

Hallo Milah. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Peribahasa adalah ungkapan atau kalimat yang ringkas dan padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup, atau aturan tingkah laku. Mari cermati pembahasan berikut ini! Peribahasa adalah ungkapan atau kalimat yang ringkas dan padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup, atau aturan tingkah laku. Ciri-ciri peribahasa di antaranya: 1. Susunan kata-kata di dalam peribahasa sudah pasti dan tidak bisa diubah. 2. Kalimat peribahasa biasanya digunakan untuk memperindah bahasa atau bahkan menyindir. 3. Kata-kata dalam peribahasa biasanya teratur, mengesankan dan mempunyai makna tertentu. 4. Didasarkan pada pandangan atau perbandingan terhadap alam sekitar, peristiwa yang terjadi yang berlaku di masyarakat. 5. Dibentuk dan diciptakan dengan satu ikatan bahasa yang padat dan indah sehingga melekat di masyarakat secara turun temurun. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peribahasa adalah ungkapan atau kalimat yang ringkas dan padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup, atau aturan tingkah laku. Semoga membantu ya:)


Iklan

Iklan

ZHAFKUNZ Z

16 Februari 2020 10:42

Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang menyatakan suatu maksud, keadaan seseorang, atau hal yang mengungkapkan kelakuan, perbuatan atau hal mengenai diri seseorang. Peribahasa mencakup ungkapan, pepatah, perumpamaan, ibarat, tamsil. 


Azzam H

16 Februari 2020 13:20

Peribahasa atau pepatah adalah ayat atau kelompok kata yang mempunyai susunan yang tetap dan mengandung aturan dasar dalam berperilaku. Jika peribahasa berupa ungkapan yang sangat baik, maka disebut dengan istilah aforisme.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

kalimat dalam paragraf yg berisi ide pokok disebut

19

5.0

Jawaban terverifikasi