Helgina M

13 Agustus 2023 12:17

Iklan

Helgina M

13 Agustus 2023 12:17

Pertanyaan

apa itu ovipar

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

15

:

32

:

29

Klaim

9

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

13 Agustus 2023 12:35

Jawaban terverifikasi

Ovipar adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode reproduksi hewan di mana telur diproduksi dan berkembang di dalam tubuh induk betina. Dalam reproduksi ovipar, telur yang diproduksi oleh betina dikeluarkan dari tubuhnya dan ditinggalkan di lingkungan eksternal untuk berkembang menjadi embrio dan akhirnya menetas menjadi individu baru. Contoh hewan ovipar adalah burung, reptil (seperti kadal, ular, dan kura-kura), amfibi (seperti katak dan salamander), ikan, dan beberapa serangga. Dalam kasus reptil dan burung, telur yang dihasilkan dilindungi oleh cangkang yang keras, sedangkan dalam kasus amfibi dan ikan, telur umumnya tidak memiliki cangkang yang kuat dan dapat lebih rentan terhadap lingkungan. Reproduksi ovipar memiliki keuntungan dalam menyediakan proteksi dan kondisi yang stabil bagi perkembangan embrio di dalam lingkungan eksternal. Namun, karena embrio berkembang di luar tubuh ibu, ovipar sering kali memerlukan strategi tambahan untuk melindungi dan menjaga telur agar tetap aman dari predator atau kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan.


Iklan

Vincent M

Community

13 Agustus 2023 12:42

Jawaban terverifikasi

<p>Ovipar adalah <strong>salah satu cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas</strong>. Ovipar berasal dari kata ovum yang memiliki arti telur.</p><p>Selain <strong>ayam, angsa, kupu-kupu dan semut, semua jenis burung dan serangga</strong> juga berkembang biak dengan cara bertelur atau termasuk dalam jenis hewan ovipar. Adapun sebagian besar ikan, reptil, dan amfibi juga berkembang biak dengan cara bertelur.</p><p>&nbsp;</p>

Ovipar adalah salah satu cara berkembang biakkan hewan dengan cara bertelur yang pada umumnya mempunyai ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas. Ovipar berasal dari kata ovum yang memiliki arti telur.

Selain ayam, angsa, kupu-kupu dan semut, semua jenis burung dan serangga juga berkembang biak dengan cara bertelur atau termasuk dalam jenis hewan ovipar. Adapun sebagian besar ikan, reptil, dan amfibi juga berkembang biak dengan cara bertelur.

 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan