Iis S

20 Oktober 2020 05:05

Iklan

Iklan

Iis S

20 Oktober 2020 05:05

Pertanyaan

apa itu muatan listrik


1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Kurnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

26 Januari 2022 13:51

Jawaban terverifikasi

Hai Iis, kakak bantu jawab ya. Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki oleh partikel penyusun atom, kecuali neutron. Terdapat 2 jenis yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron). Sifat muatan listrik adalah : - Jika muatan sejenis didekatkan, maka akan terjadi gaya tolak masing-masing. contohnya jika muatan positif dengan positif, dan negatif dengan negatif, mereka akan saling menjauh (menolak satu sama lain). - Jika muatan berlainan jenis didekatkan, mereka akan saling tarik - menarik.


Iklan

Iklan

A. Novi

20 Oktober 2020 10:43

Jawaban : Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan listrik Penjelasan : Dalam Sistem Satuan Internasional, satuan muatan listrik adalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar. Q adalah sifat dasar yang dimiliki oleh materi baik itu berupa proton (muatan positif) maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif, jika atomnya kekurangan elektron. Sementara atom yang kelebihan elektron akan bermuatan negatif. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron ini, oleh karena itu muatan materi/atom merupakan kelipatan dari satuan Q dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya (membentuk muatan total yang netral atau tak bermuatan).


Iis S

23 Oktober 2020 00:25

maksii kaka


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah kawat yang panjangnya 80 cm dan dialiri arus listrik sebesar 0,45 ampere ke arah barat. Kemudian kawat tersebut diletakkan di dalam ruangan yang mempunyai kuat medan magnet 1,2 tesla yang arahnya ke selatan. Tentukan besar dan arah gaya Lorentznya!

13

0.0

Jawaban terverifikasi