Janeeta Z

20 Februari 2024 12:15

Iklan

Janeeta Z

20 Februari 2024 12:15

Pertanyaan

apa itu lubang hitam

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan ruangbelajar

Habis dalam

00

:

14

:

39

:

15

Klaim

2

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sri W

20 Februari 2024 12:25

Jawaban terverifikasi

Lubang hitam ( black hole ) adalah bagian dari ruang waktu yang memiliki gravitasi paling kuat, bahkan cahaya sekalipun tidak dapat menghindar.


Iklan

Fadhil A

20 Februari 2024 13:17

Jawaban terverifikasi

Lubang hitam (Inggris: black hole ) adalah bagian dari ruang waktu yang memiliki gravitasi paling kuat, bahkan cahaya sekalipun tidak dapat menghindar. Teori relativitas umum memprediksi bahwa diperlukan massa yang besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu. Maaf klo salahπŸ™ƒπŸ™ƒ


Nanda R

Community

21 Februari 2024 06:43

Jawaban terverifikasi

Lubang hitam adalah suatu wilayah di ruang-waktu yang memiliki gravitasi sangat kuat sehingga bahkan cahaya pun tidak dapat melarikan diri darinya. Ini disebabkan oleh kumpulan massa yang sangat padat dan terkompresi di dalam wilayah tersebut. Sebagai akibatnya, lubang hitam memiliki gaya gravitasi yang sangat besar sehingga menarik segala sesuatu di sekitarnya, termasuk cahaya. Ketika suatu objek atau massa masuk ke dalam "horizon peristiwa" lubang hitam, yaitu batas terluar di mana tidak ada lagi jalur kembali, tidak ada cahaya atau informasi apapun yang bisa kembali ke luar dari lubang hitam. Oleh karena itu, lubang hitam sering dijuluki sebagai "objek yang tidak terlihat." Lubang hitam dapat terbentuk sebagai hasil dari proses gravitasi yang sangat kuat, seperti saat bintang yang sangat besar mengalami supernova (ledakan bintang) dan sisa-sisanya menjadi sangat padat. Ada berbagai tipe lubang hitam, termasuk lubang hitam stelar yang terbentuk dari runtuhnya bintang, dan lubang hitam supermassive yang dapat ditemui di pusat galaksi. Teori relativitas umum Albert Einstein memainkan peran penting dalam pemahaman kita tentang sifat dan perilaku lubang hitam.


Khaira W

23 Februari 2024 11:10

lubang Hitam atau (blac hole) adalah bagian dari ruang waktu yang memiliki gravitasi paling kuat bahkan, cahaya sekalipun tidak dapat menghindar.


Amanda P

21 September 2024 03:46

lubang hitam adalah area di ruang angkasa yg begitu padat,tdak ada yg bisa lolos. lubang hitam biasanya terbentuk ketika bintang yg sangat besar menjadi terlalu berat dan runtuh. para astrinom menduga seluruh massa di lubang hitam sebenarnya dipadatkan ke satu titik di tengah - tengahnya


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan