RoboguruRoboguru
SD

Bahrul H

31 Maret 2020 11:49

Pertanyaan

apa itu larutan penyangga


24

4

Jawaban terverifikasi

N. Zulfa

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

27 Desember 2021 16:47

Jawaban terverifikasi

Halo Bahrul, kakak bantu jawab yaa :) Jadi larutan penyangga adalah larutan yang mampu mempertahankan pH larutan jika ditambahkan sedikit asam atau sedikit basa. Larutan penyangga (buffer) merupakan larutan yang mampu mempertahankan pH larutan jika ditambahkan sidikit asam atau sedikit basa. Larutan penyangga berdasarkan kemampuannya dalam mempertahankan pH diklasifikasikan menjadi 2, yaitu : 1. Larutan penyangga asam, merupakan larutan penyangga yang dapat mempertahankan larutan dalam pH asam (pH<7). Larutan ini dapat dibuat dengan mencampurkan asam lemah dengan basa konjugatnya atau garamnya, atau dengan mencampurkan asam lemah dengan basa kuat. Contoh CH₃COOH dan CH₃COO¯. 2. Larutan penyangga basa, merupakan larutan penyangga yang dapat mempertahankan larutan dalam pH basa (pH>7). Larutan ini dapat dibuat dengan mencampurkan basa lemah dengan asam konjugatnya atau garamnya, atau dengan mencampurkan basa lemah dengan asam kuat. Contoh NH₄OH dan NH₄Cl.


Linda F

01 April 2020 06:18

larutan yg terdiri dari asam lemah dg garam nya / basa lemah dg garamnya yg berfungsi untuk mempertahankan pH larutan


Nirwana H

01 April 2020 06:32

Larutan yang dapat mempertahankan pH, terdiri dari asam kuat-basa lemah atau sebaliknya, asam kuat-basa kuat atau sebaliknya


Sally L

02 April 2020 15:33

larutan yg terdiri dari asam kuat basah lemah atau sebaliknya yg brfungsi utk mempertahankan pH


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

5,2 gram suatu zat non elektrolit dalam 200 gram air.Ternyata titik beku larutan tersebut adalah -0,40°c.jika Kf=1,86°c/m,tentukan massa molekul relatif (Mr)zat tersebut?

16

0.0

Jawaban terverifikasi