Tedy T

29 September 2020 09:26

Iklan

Iklan

Tedy T

29 September 2020 09:26

Pertanyaan

apa itu hereditas?


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

20 Maret 2022 14:03

Jawaban terverifikasi

Halo Maulana, kakak bantu jawab yaa :l Hereditas merupakan pewarisan sifat dari orang tua kepada anak-anaknya. Mari kita bahas lebih lanjut! Pada proses terjadinya pewarisan sifat, terdapat bentuk-bentuk tertentu atau pola-pola dalam mewariskannya. Pola hereditas terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain pautan gen, pindah silang, gagal berpisah, dan gen letal. 1. Pautan Gen (Gene Linkage) Setiap kromosom mengandung gen yang tersimpan di tempat khusus yang disebut lokus. Gen-gen ini dapat berada pada kromosom yang sama atau kromosom yang berbeda. Gen-gen yang berada dalam satu kromosom homolog yang sama dan letaknya saling berdekatan ini yang disebut sebagai pautan gen (gene linkage). Akibat letaknya yang saling berdekatan, maka gen-gen tersebut akan tetap bersama sampai saat pembentukan gamet atau sel kelamin. Pautan dari dua macam gen atau lebih akan menghasilkan jumlah gamet yang lebih sedikit dibandingkan dengan gen-gen yang tidak berpautan. Oleh sebab itu, keturunan yang dihasilkan akan memiliki perbandingan fenotipe dan genotipe yang lebih sedikit pula. 2. Pindah Silang (Crossing Over) Pindah silang (crossing over) adalah peristiwa pertukaran segmen kromatid yang bukan saudaranya (non-sister chromatids) dari sepasang kromosom homolog. Peristiwa pindah silang terjadi saat pembelahan meiosis I, yaitu pada akhir profase I atau awal metafase I. Pada saat itu, satu buah kromatid akan membelah menjadi dua. Peristiwa pindah silang umumnya terjadi pada organisme seperti manusia, tumbuhan, dan hewan. Peristiwa pindah silang akan menghasilkan keturunan dengan sifat yang baru. Hal ini disebabkan karena adanya rekombinasi gen, yaitu penggabungan dari sebagian gen induk jantan dengan sebagian gen induk betina pada saat proses fertilisasi atau pembuahan sehingga menghasilkan susunan pasangan gen yang berbeda dari gen-gen induknya. 3. Gagal Berpisah (Non Disjunction) Pada pembelahan meiosis, kromosom-kromosom yang telah mengganda akan ditarik menuju kutub sel oleh benang-benang spindel yang menempel pada sentromer. Dalam keadaan normal, kromosom-kromosom tersebut akan berpisah dan menuju ke kutub sel yang berlawanan. Akan tetapi terdapat suatu kasus dimana kromosom mengalami gagal berpisah sehingga semua kromosom hanya akan tertarik ke salah satu kutub sel saja. Akibatnya gamet yang terbentuk akan mengalami penambahan atau pengurangan jumlah kromosom. Peristiwa ini dapat terjadi pada meiosis I maupun meiosis II. 4. Gen Letal Gen letal adalah gen yang menyebabkan kematian individu dalam keadaan homozigot, sedangkan dalam keadaan heterozigot, seorang individu dapat bersifat normal atau subletal. Semoga membantu ya!


Iklan

Iklan

Deniati D

30 September 2020 02:42

Hereditas atau pewarisan adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen (DNA) atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

formula kromosom / atau kariotipe dari lumba-lumba yang jumlah kromosomnya 44 dan tembakau jumlah kromosomnya 48 Baik pada sel somatic/ sel tubuh dan sel kelamin/ sel

13

0.0

Jawaban terverifikasi