Saida M

19 Januari 2020 13:57

Iklan

Iklan

Saida M

19 Januari 2020 13:57

Pertanyaan

apa hubungan reformasi dengan runtuhnya USSR?


40

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Kamila

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

26 Desember 2021 21:02

Jawaban terverifikasi

Halo Saida M, Kakak bantu jawab ya. Hubungan reformasi yang dilakukan Mikhail Gorbachev dengan runtuhnya USSR sangat berkaitan. Program reformasi yang dijalankan yakni glasnost, perestroika dan demokratisasi membuat banyak negara-negara di USSR yang memilih untuk memisahkan diri dari USSR dan membuat USSR mengalami perpecahan dan keruntuhan. Yuk pahami penjelasan berikut. USSR atau Union of Soviet Socialist Republics, atau yang dikenal sebagai Uni Soviet adalah negara sosialis yang pernah ada antara tahun 1922–1991 di Eurasia. USSR mulai mengalami perpecahan pada tahun 1991. Hal ini berawal dari serangkaian peristiwa yang melatarbelakanginya. Pada mulanya USSR pernah mengalami masa pemerintahan yang otoriter sampai pada pemerintahan yang menjunjung komunisme. Pemerintahan komunisme ini mampu membawa USSR menjadi negara industri. Namun hal itu belum terjamin, karena masih adanya keterpurukan ekonomi di USSR. Hingga akhirnya pada tahun 1985 Mikhail Gorbachev segera mencanangkan adanya reformasi di USSR untuk memperbaiki keadaan politik dan ekonomi yang mengalami penurunan pada saat itu. Mikhail Gorbachev mencanangkan berbagai program dalam reformasinya di USSR diantaranya Glasnost, Perestroika dan demokratisasi. Glasnost (keterbukaan) bermaksud untuk mendorong adanya dialog dan membuka pintu kritik terhadap USSR. Sedangkan perestroika ditujukan untuk memperkenalkan kebijakan pasar bebas bagi industri yang dikelola Pemerintah USSR. Terakhir, demokratisasi ini dilakukan dalam bidang politik dan ekonomi. Salah satu dampak demokratisasi ini ditandai dengan tumbuhnya nasionalisme etnis dalam negara-negara di USSR pada masa itu sehingga banyak negara-negara yang memilih untuk memisahkan diri dari USSR pada 8 Desember 1991. Sehingga Mikhail Gorbachev memutuskan pada tanggal 25 Desember 1991 untuk mengundurkan diri sebagai Presiden USSR. Akhirnya, USSR pun mengalami perpecahan. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

Nadiyati U

06 Februari 2020 18:22

karena ketika keluarnya ide gorbacev ttg perestroika restrukturisasi (reformasi) USSR menjadi 12 negara yaitu belarusia, rusia , ukraina, armenia, georgia, moldavia, kazakastan, turmenistan, tadzikistan, azerbaijan, kirgiztan,uzbekistan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Salah satu ketentuan yang terkandung dalam Agrarische Wet 1870 adalah pemegang salah satu hak diwajibkan membayar sewa maksimum 5 gulden pertahun yang mulai dibayarkan pada tahun ke-6. Hak yang dimaksud adalah (A) Hak sewa (B) Hak erfpacht (C) Hak eigendom (D) Hak konsesi (E) Hak domein

9

0.0

Jawaban terverifikasi