Zwaqilla Z

Ditanya 4 hari yang lalu

Iklan

Iklan

Zwaqilla Z

Ditanya 4 hari yang lalu

Pertanyaan

Apa fungsi apendiks pada sistem pencernaan manusia


21

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Archyeza A

Dijawab 4 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>&nbsp;</p><p>Apendiks atau usus buntu berfungsi untuk mendorong pertumbuhan beberapa bakteri baik di usus. Ini berarti bahwa usus buntu secara tidak langsung juga memiliki peran dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan dan fungsi sistem kekebalan tubuh.&nbsp;</p>

 

Apendiks atau usus buntu berfungsi untuk mendorong pertumbuhan beberapa bakteri baik di usus. Ini berarti bahwa usus buntu secara tidak langsung juga memiliki peran dalam mendukung kesehatan sistem pencernaan dan fungsi sistem kekebalan tubuh. 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

Dijawab 4 hari yang lalu

Jawaban terverifikasi

<p>Apendiks, atau usus buntu, merupakan bagian kecil berbentuk seperti kantong yang menonjol dari usus besar, tepatnya di pertemuan antara usus halus dan usus besar. Fungsi apendiks pada sistem pencernaan manusia belum sepenuhnya dipahami, namun ada beberapa teori mengenai peranannya:</p><p><strong>Fungsi Imunitas</strong>: Apendiks diyakini berperan dalam sistem kekebalan tubuh, terutama selama masa perkembangan awal. Jaringan limfoid yang ada di apendiks dapat membantu dalam memproduksi antibodi.</p><p><strong>Tempat Penyimpanan Bakteri Baik</strong>: Beberapa penelitian menyarankan bahwa apendiks mungkin berfungsi sebagai tempat penyimpanan bakteri baik yang membantu pencernaan. Dalam kondisi tertentu, seperti setelah diare berat, bakteri baik ini dapat keluar dari apendiks dan membantu mengembalikan keseimbangan mikrobiota usus.</p><p><strong>Organ Vestigial</strong>: Teori lain menyatakan bahwa apendiks adalah organ vestigial, yang berarti ia merupakan sisa dari evolusi yang pada nenek moyang kita mungkin memiliki fungsi yang lebih penting dalam pencernaan.</p>

Apendiks, atau usus buntu, merupakan bagian kecil berbentuk seperti kantong yang menonjol dari usus besar, tepatnya di pertemuan antara usus halus dan usus besar. Fungsi apendiks pada sistem pencernaan manusia belum sepenuhnya dipahami, namun ada beberapa teori mengenai peranannya:

Fungsi Imunitas: Apendiks diyakini berperan dalam sistem kekebalan tubuh, terutama selama masa perkembangan awal. Jaringan limfoid yang ada di apendiks dapat membantu dalam memproduksi antibodi.

Tempat Penyimpanan Bakteri Baik: Beberapa penelitian menyarankan bahwa apendiks mungkin berfungsi sebagai tempat penyimpanan bakteri baik yang membantu pencernaan. Dalam kondisi tertentu, seperti setelah diare berat, bakteri baik ini dapat keluar dari apendiks dan membantu mengembalikan keseimbangan mikrobiota usus.

Organ Vestigial: Teori lain menyatakan bahwa apendiks adalah organ vestigial, yang berarti ia merupakan sisa dari evolusi yang pada nenek moyang kita mungkin memiliki fungsi yang lebih penting dalam pencernaan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

manakah dari berikut ini yang terkait dengan fiksasi nitrogen biologis? a.alga merah b.alga coklat c.ganggang hijau d.alga biru-hijau

11

5.0

Jawaban terverifikasi