Airin P

20 Juni 2023 09:19

Iklan

Airin P

20 Juni 2023 09:19

Pertanyaan

apa dampak dari pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan?

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

17

:

38

:

22

Klaim

2

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Andreas F

20 Juni 2023 13:33

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Dampak nya menjadi </strong>Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan <strong>akan merusak alam, karena menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem</strong>. Misalnya penggunaan kayu berlebihan akan menyebabkan penggundulan dan kerusakan hutan Bencana alam.</p><p><i><strong><u>Semoga membantu🌟</u></strong></i></p>

Dampak nya menjadi Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan akan merusak alam, karena menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem. Misalnya penggunaan kayu berlebihan akan menyebabkan penggundulan dan kerusakan hutan Bencana alam.

Semoga membantu🌟


Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

21 Juni 2023 07:15

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah habisnya sumber daya alam, kerusakan lingkungan, bencana alam, punahnya flora dan fauna, dan timbulnya gangguan kesehatan.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Sumber daya alam yang tersedia di alam harus dimanfaatkan dengan bijak agar persediaan di alam tidak cepat habis. Pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran dapat menimbulkan beberapa dampak, antara lain:</p><ol><li><strong>Habisnya sumber daya alam</strong><br>Sumber daya alam banyak yang bersifat tidak dapat diperbaharui <i>(non renewable)</i> sehingga bila digunakan terus menerus akan habis. Misalnya penggunaan barang tambang seperti miyak yang akan menyebabkan depositnya habis.</li><li><strong>Kerusakan lingkungan</strong><br>Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan akan merusak alam, karena menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem. Misalnya penggunaan kayu berlebihan akan menyebabkan penggundulan dan kerusakan hutan.</li><li><strong>Bencana alam</strong><br>Pada gilirannya kerusakan alam akibat penggunaan sumber daya alam secara berlebihan akan berakibat bencana alam. Misalnya penggundulan dan kerusakan hutan akan meyebabkan peresapan air tanah terganggu dan menyebabkan terjadinya banjir serta tanah longsor.</li><li><strong>Punahnya flora dan fauna</strong><br>Pemanfatan sumber daya berupa hewan dan tanaman secara berlebihan akan menyebabkan kepunahan. Misalnya penggunaan pukat harimau atau trawl untuk menangkap ikan menyebabkan baik ikan dewasa maupun ikan yang masih anakan tertangkap. Ini akan menyebabkan punahnya ikan akibat ikan tidak bisa melakukan reproduksi untuk melestarikan populasinya.&nbsp;</li><li><strong>Timbulnya gangguan kesehatan</strong><br>Penggunaan sumber daya alam secara berlebihan akan menyebabkan polusi yang menggangu kesehatan manusia. Misalnya pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara dan gas menyebabkan polusi udara yang dapat memicu iritasi mata, gangguan pernafasan dan kanker.</li></ol><h2>&nbsp;</h2><p>Jadi, dampak dari pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan yaitu habisnya sumber daya alam, kerusakan lingkungan, bencana alam, punahnya flora dan fauna, dan timbulnya gangguan kesehatan.</p>

Jawaban yang benar adalah habisnya sumber daya alam, kerusakan lingkungan, bencana alam, punahnya flora dan fauna, dan timbulnya gangguan kesehatan.

 

Pembahasan:

Sumber daya alam yang tersedia di alam harus dimanfaatkan dengan bijak agar persediaan di alam tidak cepat habis. Pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran dapat menimbulkan beberapa dampak, antara lain:

  1. Habisnya sumber daya alam
    Sumber daya alam banyak yang bersifat tidak dapat diperbaharui (non renewable) sehingga bila digunakan terus menerus akan habis. Misalnya penggunaan barang tambang seperti miyak yang akan menyebabkan depositnya habis.
  2. Kerusakan lingkungan
    Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan akan merusak alam, karena menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem. Misalnya penggunaan kayu berlebihan akan menyebabkan penggundulan dan kerusakan hutan.
  3. Bencana alam
    Pada gilirannya kerusakan alam akibat penggunaan sumber daya alam secara berlebihan akan berakibat bencana alam. Misalnya penggundulan dan kerusakan hutan akan meyebabkan peresapan air tanah terganggu dan menyebabkan terjadinya banjir serta tanah longsor.
  4. Punahnya flora dan fauna
    Pemanfatan sumber daya berupa hewan dan tanaman secara berlebihan akan menyebabkan kepunahan. Misalnya penggunaan pukat harimau atau trawl untuk menangkap ikan menyebabkan baik ikan dewasa maupun ikan yang masih anakan tertangkap. Ini akan menyebabkan punahnya ikan akibat ikan tidak bisa melakukan reproduksi untuk melestarikan populasinya. 
  5. Timbulnya gangguan kesehatan
    Penggunaan sumber daya alam secara berlebihan akan menyebabkan polusi yang menggangu kesehatan manusia. Misalnya pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara dan gas menyebabkan polusi udara yang dapat memicu iritasi mata, gangguan pernafasan dan kanker.

 

Jadi, dampak dari pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan yaitu habisnya sumber daya alam, kerusakan lingkungan, bencana alam, punahnya flora dan fauna, dan timbulnya gangguan kesehatan.


Aisyah N

20 Juni 2023 11:28

<p>Berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan yang lebih luas.</p>

Berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan yang lebih luas.


As S

26 Juni 2023 10:33

Asumber daya alam akan cepat habis 🧐

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan