Bila S

18 Maret 2020 08:34

Iklan

Iklan

Bila S

18 Maret 2020 08:34

Pertanyaan

apa artinya latar cerita?


10

6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Y. Kretiyanto

09 Maret 2022 14:08

Jawaban terverifikasi

Halo, Bila S. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Latar cerita merupakan keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana terjadinya sebuah peristiwa dalam cerita. Berikut pembahasannya. Latar merupakan tempat, waktu, dan suasana di dalam cerita. Terdapat dua cara dalam penggambaran latar, yaitu: 1. Tersurat: Latar pada cerita sudah tertulis langsung tanpa harus mencarinya lagi. Contoh: "Malam yang dingin, aku terduduk di bawah pohon mangga." 2. Tersirat: Latar pada cerita bersifat tersembunyi sehingga pembaca harus menganalisis untuk mengetahui latar cerita. Contoh: "Matahari tepat berada di kepalaku, aroma segar bercampur garam membuatku enggan meninggalkan tempat ini." Latar pada kutipan tersebut berada di tepi laut saat siang hari. Dengan demikian, latar cerita merupakan keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana terjadinya sebuah peristiwa dalam cerita. Semoga membantu, ya.


Iklan

Iklan

Naysilla A

18 Maret 2020 09:29

keterangan tentang tempat, waktu dan suasana terjadinya suatu peristiwa dalam sebuah karya sastra. Atau definisi latar yaitu unsur intrinsik dalam sebuah karya sastra yang teridiri dari ruang, waktu dan suasana yang terjadi pada suatu peristiwa dalam cerita karya sastra.


I G

18 Maret 2020 11:36

Tempat suatu cerita.


Gerardine A

18 Maret 2020 13:45

Tempat cerita tersebut 🏠


シャ...a

18 Maret 2020 15:06

Latar atau tumpu “setting” cerita ialah gambaran tempat waktu, atau segala situasi di tempat terjadinya peristiwa. Latar ini erat hubungannya dengan tokoh atau pelaku dalam suatu peristiwa. Oleh sebab itu, latar juga sangat mempengaruhi suasana peristiwa, pokok persoalan dalam cerita dan tema cerita.


Cut A

18 Maret 2020 15:24

Latar cerita adalah penjelasan tata letak tempat terjadinya sebuah cerita dan penjelasan tata waktu terjadinya sebuah cerita. CONTOH: Suatu hari, Anna disuruh ibunya membeli gula 1 kilogram dan garam setengah kilogram. Kemudian, Anna pun sampai ke pasar jam 10.00. Setelah membeli Anna pun pulang jam 10.30 A. Latar waktu= jam 10.00 di pasar, 10.30 pulang dari pasar B. Latar tempat = pasar


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang di maksud pokok pikiran

1

0.0

Jawaban terverifikasi