Iklan

Iklan

Ni N

27 Juli 2021 08:05

Pertanyaan

apa arti pepatah "sudah jatuh tertimpa tangga"


207

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

27 Juli 2021 13:53

Jawaban terverifikasi

Konsep: Peribahasa Hai Ni N. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Pepatah adalah peribahasa yang mengandung nasihat atau ajaran dari orang tua-tua (biasanya dipakai atau diucapkan untuk mematahkan lawan bicara). Pepatah 'sudah jatuh, tertimpa tangga pula' merupakan peribahasa atau ungkapan untuk menggambarkan kemalangan yang datang berturut-turut. Dengan demikian, arti dari pepatah 'sudah jatuh, tertimpa tangga pula' ialah kemalangan yang datang berturut-turut.


Iklan

Iklan

Muhammad H

27 Juli 2021 09:36

terkena musibah berganda


Ni N

28 Juli 2021 06:42

terima kasih yang udah membantu...terima kasih ruang guru...sudah menyediakan robo guru untuk kami yang kesulitan memahami pelajaran kami


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Perbaikilah kalimat berikut agar menjadi kalimat yang efektif! b. Radio di temukan pada tahun 1929 oleh Guglielmo Marconi.

6

0.0

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Alam Semua makhluk hidup melakukan hubungan dengan sesama makhluk hidup dan dengan lingkungannya. Lingkungan alam terdiri atas makhluk hidup dan benda mati. Lingkungan alam merupakan sumber penghidupan bagi semua makhluk hidup. Lingkungan alam menyediakan semua kebutuhan makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda mati saling memengaruhi. Keduanya saling memengaruhi. Salah satu bentuk hubungan antara makhluk hidup dan benda mati adalah kehidupan tanaman yang dipengaruhi olehjenis tanah, suhu, dan curah hujan. Jika jenis tanah, suhu, dan curah hujan sesuai, tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Pertumbuhan tanaman yang baik juga memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan hewan. Makhluk hidup juga memengaruhi benda mati. Contohnya di daerah yang banyak tumbuhannya memiliki udara sejuk. Di daerah itu cenderung memiliki air tanah yang baik dan melimpah. Hal itu terjadi karena tanaman membantu tanah untuk menahan dan menyimpan air di dalam tanah dengan baik. Bagaimanakah hubungan manusia dengan lingkungan alam? Hubungan manusia dengan lingkungan alam dibedakan menjadi dua, yaitu hubungan manusia yang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dan hubungan manusia dalam memanfaatkan lingkungan alam. Contoh cara manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya. Para petani harus menyesuaikan waktu tanah dengan musim hujan agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Para nelayan berlayar pada waktu yang sesuai dengan keadaan cuaca agar terhindar dari bencana dan memperoleh tangkapan ikan yang banyak. Manusia harus dapat memanfaatkan alam untuk memenuhi kebuhannya hidupnya. Untuk itu, manusia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada saat terjadi kemarau panjang, bisa terjadi kekeringan. Untuk mengatasi hal tersebut, manusia bisa mencoba untuk membuat hujan buatan. Pembuatan hujan buatan tentu memerlukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jelaskan pokok pikiran dan informasi penting paragraf ke-5!

16

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan