Masrifah M

13 Mei 2024 06:15

Iklan

Iklan

Masrifah M

13 Mei 2024 06:15

Pertanyaan

apa akibat dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi dan industri ?

apa akibat dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi dan industri ?


79

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Mei 2024 11:05

Jawaban terverifikasi

<p>Pembakaran gasoline sebagai bahan bakar untuk alat transportasi dan industri dapat memiliki berbagai akibat negatif, antara lain:</p><p>1. Pencemaran Udara: Pembakaran gasoline menghasilkan emisi gas buang, seperti karbon dioksida (CO2), oksida nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), dan partikel-partikel halus (PM). Gas-gas ini dapat mencemari udara dan menyebabkan polusi udara, yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan masyarakat dan perubahan iklim.</p><p>2. Pencemaran Lingkungan: Selain emisi gas buang, pembakaran gasoline juga dapat menghasilkan residu atau limbah beracun, seperti sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar sepenuhnya, logam berat, dan senyawa kimia berbahaya. Limbah-limbah ini dapat mencemari tanah, air, dan ekosistem lainnya, menyebabkan kerusakan lingkungan dan menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.</p><p>3. Perubahan Iklim: Emisi gas buang dari pembakaran gasoline, terutama karbon dioksida, merupakan salah satu penyebab utama perubahan iklim global. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang memperkuat efek pemanasan global, yang menyebabkan suhu bumi meningkat, perubahan cuaca yang ekstrem, dan peningkatan tingkat laut.</p><p>4. Ketergantungan pada Sumber Energi Fosil: Penggunaan gasoline sebagai bahan bakar transportasi dan industri memperkuat ketergantungan masyarakat pada sumber energi fosil. Ketergantungan ini dapat menyebabkan kerentanan terhadap fluktuasi harga minyak, persediaan energi yang tidak stabil, dan konflik geopolitik terkait dengan sumber daya energi.</p><p>5. Kerusakan Kesehatan: Polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran gasoline dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi manusia, seperti penyakit pernapasan, iritasi mata dan tenggorokan, penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Pekerja industri yang terpapar langsung oleh polusi udara juga berisiko mengalami masalah kesehatan yang serupa.</p>

Pembakaran gasoline sebagai bahan bakar untuk alat transportasi dan industri dapat memiliki berbagai akibat negatif, antara lain:

1. Pencemaran Udara: Pembakaran gasoline menghasilkan emisi gas buang, seperti karbon dioksida (CO2), oksida nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), dan partikel-partikel halus (PM). Gas-gas ini dapat mencemari udara dan menyebabkan polusi udara, yang berkontribusi terhadap masalah kesehatan masyarakat dan perubahan iklim.

2. Pencemaran Lingkungan: Selain emisi gas buang, pembakaran gasoline juga dapat menghasilkan residu atau limbah beracun, seperti sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar sepenuhnya, logam berat, dan senyawa kimia berbahaya. Limbah-limbah ini dapat mencemari tanah, air, dan ekosistem lainnya, menyebabkan kerusakan lingkungan dan menyebabkan masalah kesehatan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

3. Perubahan Iklim: Emisi gas buang dari pembakaran gasoline, terutama karbon dioksida, merupakan salah satu penyebab utama perubahan iklim global. Karbon dioksida adalah gas rumah kaca yang memperkuat efek pemanasan global, yang menyebabkan suhu bumi meningkat, perubahan cuaca yang ekstrem, dan peningkatan tingkat laut.

4. Ketergantungan pada Sumber Energi Fosil: Penggunaan gasoline sebagai bahan bakar transportasi dan industri memperkuat ketergantungan masyarakat pada sumber energi fosil. Ketergantungan ini dapat menyebabkan kerentanan terhadap fluktuasi harga minyak, persediaan energi yang tidak stabil, dan konflik geopolitik terkait dengan sumber daya energi.

5. Kerusakan Kesehatan: Polusi udara yang disebabkan oleh pembakaran gasoline dapat menyebabkan masalah kesehatan serius bagi manusia, seperti penyakit pernapasan, iritasi mata dan tenggorokan, penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Pekerja industri yang terpapar langsung oleh polusi udara juga berisiko mengalami masalah kesehatan yang serupa.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan Agregator dan beri 1 contoh ? Terima kasih 🙏

5

5.0

Jawaban terverifikasi