Syifa A

30 Mei 2024 14:50

Iklan

Iklan

Syifa A

30 Mei 2024 14:50

Pertanyaan

Alasan energi surya sangat cocok dikembangkan di wilayah nusa tenggara

Alasan energi surya sangat cocok dikembangkan di wilayah nusa tenggara

 


23

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

30 Mei 2024 14:54

Jawaban terverifikasi

<p>Sistem PLTS dianggap cocok untuk Indonesia yang terletak di wilayah tropis karena sinar matahari sangat mudah didapatkan hampir sepanjang tahun.</p><p>Wilayah NTT juga merupakan wilayah yang memiliki cuaca panas atau kemarau dari wilayah yang lain. Dengan kondisi ini wilayah NTT cocok untuk dikembangkan menjadi pusat Energi baru terbarukan yaitu energi surya atau matahari.</p><p>Faktor Pendukung Energi Surya di Indonesia<br><br><strong>Sinar Matahari Melimpah</strong>: Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang cukup tinggi sepanjang tahun, terutama di pulau-pulau besar seperti Jawa, Bali, dan Sumatera, dan NTT. Wilayah ini sangat cocok untuk menghasilkan energi surya.</p><p>Tingkat sinar matahari yang cukup tinggi tersebut membuat Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu daerah yang potensial untuk pemanfaatan panel surya. Selain itu, Nusa Tenggara Timur juga memiliki akses yang cukup mudah terhadap sumber daya untuk pemasangan pemanfaatan panel surya.</p><p>&nbsp;</p>

Sistem PLTS dianggap cocok untuk Indonesia yang terletak di wilayah tropis karena sinar matahari sangat mudah didapatkan hampir sepanjang tahun.

Wilayah NTT juga merupakan wilayah yang memiliki cuaca panas atau kemarau dari wilayah yang lain. Dengan kondisi ini wilayah NTT cocok untuk dikembangkan menjadi pusat Energi baru terbarukan yaitu energi surya atau matahari.

Faktor Pendukung Energi Surya di Indonesia

Sinar Matahari Melimpah: Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang cukup tinggi sepanjang tahun, terutama di pulau-pulau besar seperti Jawa, Bali, dan Sumatera, dan NTT. Wilayah ini sangat cocok untuk menghasilkan energi surya.

Tingkat sinar matahari yang cukup tinggi tersebut membuat Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu daerah yang potensial untuk pemanfaatan panel surya. Selain itu, Nusa Tenggara Timur juga memiliki akses yang cukup mudah terhadap sumber daya untuk pemasangan pemanfaatan panel surya.

 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

09 Juni 2024 02:32

Jawaban terverifikasi

<p>Energi surya sangat cocok dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara karena beberapa alasan berikut:</p><p><strong>Panas Matahari yang Melimpah</strong>: Nusa Tenggara terletak di wilayah tropis yang memiliki sinar matahari yang cukup kuat sepanjang tahun. Tingginya intensitas sinar matahari membuat potensi energi surya di wilayah ini sangat besar.</p><p><strong>Potensi Tergiatkan</strong>: Nusa Tenggara memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan energi surya terutama karena kurangnya polusi dan rintangan geografis seperti pegunungan yang bisa memblokir sinar matahari.</p><p><strong>Kurangnya Akses Listrik</strong>: Sebagian besar wilayah di Nusa Tenggara masih belum teraliri listrik secara merata. Dengan mengembangkan energi surya, dapat memberikan akses listrik yang lebih luas dan terjangkau bagi masyarakat pedesaan yang masih belum terlayani oleh jaringan listrik konvensional.</p><p><strong>Dukungan Pemerintah</strong>: Pemerintah Indonesia telah menetapkan kebijakan dan program-program untuk mendukung pengembangan energi terbarukan, termasuk energi surya, di wilayah-wilayah seperti Nusa Tenggara. Ini termasuk insentif dan subsidi untuk investasi dalam energi surya.</p><p><strong>Pengurangan Emisi</strong>: Dengan beralih ke energi surya, wilayah Nusa Tenggara dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, yang berkontribusi pada emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Penggunaan energi surya dapat membantu menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat.</p>

Energi surya sangat cocok dikembangkan di wilayah Nusa Tenggara karena beberapa alasan berikut:

Panas Matahari yang Melimpah: Nusa Tenggara terletak di wilayah tropis yang memiliki sinar matahari yang cukup kuat sepanjang tahun. Tingginya intensitas sinar matahari membuat potensi energi surya di wilayah ini sangat besar.

Potensi Tergiatkan: Nusa Tenggara memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan energi surya terutama karena kurangnya polusi dan rintangan geografis seperti pegunungan yang bisa memblokir sinar matahari.

Kurangnya Akses Listrik: Sebagian besar wilayah di Nusa Tenggara masih belum teraliri listrik secara merata. Dengan mengembangkan energi surya, dapat memberikan akses listrik yang lebih luas dan terjangkau bagi masyarakat pedesaan yang masih belum terlayani oleh jaringan listrik konvensional.

Dukungan Pemerintah: Pemerintah Indonesia telah menetapkan kebijakan dan program-program untuk mendukung pengembangan energi terbarukan, termasuk energi surya, di wilayah-wilayah seperti Nusa Tenggara. Ini termasuk insentif dan subsidi untuk investasi dalam energi surya.

Pengurangan Emisi: Dengan beralih ke energi surya, wilayah Nusa Tenggara dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, yang berkontribusi pada emisi gas rumah kaca dan polusi udara. Penggunaan energi surya dapat membantu menjaga lingkungan dan kesehatan masyarakat.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara kerja panel surya jelaskan

3

0.0

Jawaban terverifikasi