Anonim A

11 Mei 2022 20:32

Iklan

Iklan

Anonim A

11 Mei 2022 20:32

Pertanyaan

alasan dipindahkannya tempat proklamasi


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Bronze

02 November 2023 06:09

Jawaban terverifikasi

Alasan pemindahan tempat pelaksanaan proklamasi adalah untuk menghindari bentrokan dengan pasukan Jepang yang sudah lebih dulu memenuhi Lapangan Ikada pada 17 Agustus 1945 pagi hari.


Iklan

Iklan

Erwin A

Community

02 November 2023 08:58

Jawaban terverifikasi

<p>Tempat proklamasi kemerdekaan Indonesia awalnya direncanakan di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Monas), sebuah lapangan terbuka di pusat kota Jakarta yang dapat menampung banyak orang. Namun, karena alasan keamanan dan waktu yang mendesak, tempat pembacaan teks proklamasi kemudian dipindah ke kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 562.</p><p>Berikut adalah beberapa alasan dipindahkannya tempat proklamasi:</p><ul><li><strong>Alasan keamanan:</strong> Jepang yang masih berkuasa di Indonesia saat itu telah melarang segala bentuk kegiatan yang bersifat politik, termasuk pembacaan teks proklamasi. Oleh karena itu, para tokoh pergerakan kemerdekaan khawatir akan terjadi bentrokan dengan pasukan Jepang jika pembacaan teks proklamasi dilakukan di Lapangan Ikada.</li><li><strong>Alasan waktu:</strong> Waktu yang tersedia untuk mempersiapkan pembacaan teks proklamasi sangat terbatas. Jika pembacaan teks proklamasi dilakukan di Lapangan Ikada, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan segala sesuatunya.</li><li><strong>Alasan kedekatan dengan rumah Laksamana Maeda:</strong> Rumah Laksamana Maeda, seorang perwira tinggi Jepang yang bersimpati kepada perjuangan kemerdekaan Indonesia, terletak di dekat kediaman Soekarno. Oleh karena itu, para tokoh pergerakan kemerdekaan memilih kediaman Soekarno sebagai tempat pembacaan teks proklamasi agar lebih mudah untuk meminta bantuan Laksamana Maeda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.</li></ul><p>Pembacaan teks proklamasi akhirnya dilakukan di kediaman Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. Pembacaan teks proklamasi dipimpin oleh Soekarno dan didampingi oleh Mohammad Hatta.</p>

Tempat proklamasi kemerdekaan Indonesia awalnya direncanakan di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Monas), sebuah lapangan terbuka di pusat kota Jakarta yang dapat menampung banyak orang. Namun, karena alasan keamanan dan waktu yang mendesak, tempat pembacaan teks proklamasi kemudian dipindah ke kediaman Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 562.

Berikut adalah beberapa alasan dipindahkannya tempat proklamasi:

  • Alasan keamanan: Jepang yang masih berkuasa di Indonesia saat itu telah melarang segala bentuk kegiatan yang bersifat politik, termasuk pembacaan teks proklamasi. Oleh karena itu, para tokoh pergerakan kemerdekaan khawatir akan terjadi bentrokan dengan pasukan Jepang jika pembacaan teks proklamasi dilakukan di Lapangan Ikada.
  • Alasan waktu: Waktu yang tersedia untuk mempersiapkan pembacaan teks proklamasi sangat terbatas. Jika pembacaan teks proklamasi dilakukan di Lapangan Ikada, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempersiapkan segala sesuatunya.
  • Alasan kedekatan dengan rumah Laksamana Maeda: Rumah Laksamana Maeda, seorang perwira tinggi Jepang yang bersimpati kepada perjuangan kemerdekaan Indonesia, terletak di dekat kediaman Soekarno. Oleh karena itu, para tokoh pergerakan kemerdekaan memilih kediaman Soekarno sebagai tempat pembacaan teks proklamasi agar lebih mudah untuk meminta bantuan Laksamana Maeda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pembacaan teks proklamasi akhirnya dilakukan di kediaman Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB. Pembacaan teks proklamasi dipimpin oleh Soekarno dan didampingi oleh Mohammad Hatta.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

. Puncak kemarahan diponegoro terjadi dan hingga meletuslah perang setelah...

233

5.0

Jawaban terverifikasi