Luh P

12 Mei 2024 02:04

Iklan

Iklan

Luh P

12 Mei 2024 02:04

Pertanyaan

ada berapa dan tolong jelaskan jenis-jenis teks berita

ada berapa dan tolong jelaskan jenis-jenis teks berita 


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salman A

12 Mei 2024 05:10

Jawaban terverifikasi

Jenis-jenis Teks Berita ada 5 : 1. Berita Langsung ( Straight News ) Jenis berita ini berisi informasi yang ditulis dan disusun secara lugas, dan ringkas. Biasanya berita jenis ini ditemui di halaman depan surat kabar atau halaman media online. Berita langsung umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu hard news yang merupakan berita dari kejadian terkini serta soft news yang berisi berita ringan. 2. Berita Mendalam ( Depth News ) Jenis berita mendalam merupakan berita yang disusun dan dikembangkan dengan melakukan pendalaman dari suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi sehingga suatu bahasan yang dikaji dalam berita dapat terkupas secara tuntas dan mendalam. Unsur berita yang ditekankan pada jenis ini adalah mengapa, bagaimana, dan apa. 3. Berita Investigasi ( Investigation News ) Berita investigasi merupakan jenis berita yang disusun sesuai dengan hasil penyelidikan atau penelitian yang dilakukan dari berbagai sumber untuk memperoleh fakta dan data yang belum, terkuak. Penulis atau wartawan yang menyusun berita ini melakukan penyelidikan secara mendalam sehingga informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh. 4. Berita Opini ( Opinion News ) Berita opini merupakan jenis teks berita yang berisi laporan pandangan seseorang mengenai suatu fenomena sosial, ide kreatif, atau sesuatu yang penting lainnya. Berita opini ini disusun oleh seseorang yang sudah ahli dalam bidangnya seperti seorang cendekiawan, profesor, atau pejabat tertentu. 5. Berita Interpretatif ( Interpretative News ) Berita interpretatif merupakan jenis berita yang disusun dan dikembangkan dengan pendapat atau penilaian dari wartawan berdasarkan fakta dan data yang ada. Dalam berita ini biasanya memuat informasi latar belakang dari suatu hal, wawancara dari berbagai sumber, dan dilengkapi dengan data pendukung sehingga berita menjadi lengkap dan utuh.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

12 Mei 2024 05:58

Jawaban terverifikasi

<p>Teks berita adalah jenis teks non-sastra yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini kepada pembaca secara jelas, singkat, dan objektif. Berita dapat disajikan dalam berbagai format atau jenis tergantung pada konten dan cara penyajian informasinya. Berikut adalah beberapa jenis teks berita yang umum:</p><p><strong>Hard News (Berita Utama):</strong> Berita utama adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian terkini yang dianggap penting, signifikan, dan memiliki dampak besar. Hard news berfokus pada fakta-fakta dasar seperti siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Contoh berita utama adalah laporan tentang bencana alam, peristiwa politik, atau kejahatan serius.</p><p><strong>Soft News (Berita Ringan):</strong> Berita ringan adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian yang lebih santai, menarik, atau hiburan. Soft news seringkali tidak terlalu serius dan cenderung menyajikan informasi tentang tren mode, gosip selebriti, atau kegiatan budaya. Berita ringan dapat menjadi pilihan pembaca yang mencari hiburan atau informasi yang lebih ringan.</p><p><strong>Breaking News (Berita Mendadak):</strong> Breaking news adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi secara tiba-tiba dan membutuhkan penanganan segera. Berita ini biasanya disampaikan dengan cepat dan langsung kepada pembaca untuk memberi tahu mereka tentang perkembangan terbaru dalam suatu peristiwa yang sedang berlangsung.</p><p><strong>Feature Story (Liputan Mendalam):</strong> Feature story adalah jenis berita yang memberikan liputan yang lebih mendalam atau analisis tentang suatu topik tertentu. Feature story seringkali menggali informasi lebih dalam, menyoroti aspek-aspek yang berbeda, atau menampilkan sudut pandang yang unik atau menarik tentang suatu topik. Contoh feature story adalah wawancara dengan tokoh terkenal, laporan investigasi, atau liputan tentang tren sosial.</p><p><strong>Human Interest Story (Berita Kemanusiaan):</strong> Human interest story adalah jenis berita yang menyoroti aspek-aspek kemanusiaan dari suatu peristiwa atau kejadian. Berita ini seringkali fokus pada kisah-kisah individu atau kelompok yang menginspirasi, menyentuh, atau mengharukan hati pembaca. Human interest story dapat membantu pembaca untuk lebih terhubung secara emosional dengan berita yang disampaikan.</p>

Teks berita adalah jenis teks non-sastra yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang peristiwa atau kejadian terkini kepada pembaca secara jelas, singkat, dan objektif. Berita dapat disajikan dalam berbagai format atau jenis tergantung pada konten dan cara penyajian informasinya. Berikut adalah beberapa jenis teks berita yang umum:

Hard News (Berita Utama): Berita utama adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian terkini yang dianggap penting, signifikan, dan memiliki dampak besar. Hard news berfokus pada fakta-fakta dasar seperti siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana. Contoh berita utama adalah laporan tentang bencana alam, peristiwa politik, atau kejahatan serius.

Soft News (Berita Ringan): Berita ringan adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian yang lebih santai, menarik, atau hiburan. Soft news seringkali tidak terlalu serius dan cenderung menyajikan informasi tentang tren mode, gosip selebriti, atau kegiatan budaya. Berita ringan dapat menjadi pilihan pembaca yang mencari hiburan atau informasi yang lebih ringan.

Breaking News (Berita Mendadak): Breaking news adalah jenis berita yang memberikan laporan tentang peristiwa atau kejadian yang terjadi secara tiba-tiba dan membutuhkan penanganan segera. Berita ini biasanya disampaikan dengan cepat dan langsung kepada pembaca untuk memberi tahu mereka tentang perkembangan terbaru dalam suatu peristiwa yang sedang berlangsung.

Feature Story (Liputan Mendalam): Feature story adalah jenis berita yang memberikan liputan yang lebih mendalam atau analisis tentang suatu topik tertentu. Feature story seringkali menggali informasi lebih dalam, menyoroti aspek-aspek yang berbeda, atau menampilkan sudut pandang yang unik atau menarik tentang suatu topik. Contoh feature story adalah wawancara dengan tokoh terkenal, laporan investigasi, atau liputan tentang tren sosial.

Human Interest Story (Berita Kemanusiaan): Human interest story adalah jenis berita yang menyoroti aspek-aspek kemanusiaan dari suatu peristiwa atau kejadian. Berita ini seringkali fokus pada kisah-kisah individu atau kelompok yang menginspirasi, menyentuh, atau mengharukan hati pembaca. Human interest story dapat membantu pembaca untuk lebih terhubung secara emosional dengan berita yang disampaikan.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pertanyaan ada di gambar

0

0.0

Jawaban terverifikasi