Not A

02 Maret 2024 05:59

Iklan

Iklan

Not A

02 Maret 2024 05:59

Pertanyaan

ada berapa banyak jenis konjungsi?

ada berapa banyak jenis konjungsi?


8

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

02 Maret 2024 10:55

Jawaban terverifikasi

Konjungsi adalah kata atau kelompok kata yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, atau klausa dalam kalimat. Ada tiga jenis konjungsi utama: 1. **Konjungsi Koordinatif:** Menghubungkan unsur-unsur yang setara dalam kalimat. Contohnya: "dan," "atau," "tetapi," "sebab." 2. **Konjungsi Subordinatif:** Menghubungkan klausa yang bergantung pada klausa utama. Contohnya: "karena," "sebelum," "meskipun," "jika." 3. **Konjungsi Korelatif:** Selalu muncul dalam pasangan dan menghubungkan elemen seimbang dalam kalimat. Contohnya: "entah...entah," "baik...maupun." Setiap jenis konjungsi memiliki peran yang berbeda dalam membangun struktur kalimat dan mempengaruhi hubungan antarunsur kalimat.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

05 Maret 2024 06:19

Jawaban terverifikasi

<p>Ada tiga jenis konjungsi utama yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat dalam bahasa:</p><p><strong>Konjungsi Koordinatif:</strong> Menghubungkan unsur yang setara, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. Contoh konjungsi koordinatif antara lain "dan," "atau," "tapi," "sebab," dan "melainkan."</p><p><strong>Konjungsi Subordinatif:</strong> Menghubungkan unsur yang tidak setara, di mana satu unsur lebih penting daripada yang lain. Konjungsi subordinatif digunakan untuk menggabungkan klausa utama dan klausa subordinatif (yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh). Contoh konjungsi subordinatif antara lain "karena," "sejak," "jika," "agar," dan "meskipun."</p><p><strong>Konjungsi Korelatif:</strong> Pasangan konjungsi yang bekerja bersama untuk menghubungkan unsur dengan tingkat kepentingan yang sebanding. Contoh konjungsi korelatif antara lain "bukan hanya... tetapi juga," "entah... atau," dan "baik... maupun."</p>

Ada tiga jenis konjungsi utama yang digunakan untuk menghubungkan kata, frasa, klausa, atau kalimat dalam bahasa:

Konjungsi Koordinatif: Menghubungkan unsur yang setara, seperti kata dengan kata, frasa dengan frasa, atau klausa dengan klausa. Contoh konjungsi koordinatif antara lain "dan," "atau," "tapi," "sebab," dan "melainkan."

Konjungsi Subordinatif: Menghubungkan unsur yang tidak setara, di mana satu unsur lebih penting daripada yang lain. Konjungsi subordinatif digunakan untuk menggabungkan klausa utama dan klausa subordinatif (yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat utuh). Contoh konjungsi subordinatif antara lain "karena," "sejak," "jika," "agar," dan "meskipun."

Konjungsi Korelatif: Pasangan konjungsi yang bekerja bersama untuk menghubungkan unsur dengan tingkat kepentingan yang sebanding. Contoh konjungsi korelatif antara lain "bukan hanya... tetapi juga," "entah... atau," dan "baik... maupun."


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

macam² segitiga ada berapa?

0

0.0

Jawaban terverifikasi