Rezky P

26 November 2023 03:44

Iklan

Iklan

Rezky P

26 November 2023 03:44

Pertanyaan

6. Eksploitasi sumber daya alam terus dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Jika sumber daya tidak terbarukan seperti bahan bakar dari fosil dieksploitasi terus-menerus, akan berpotensi terjadi kelangkaan bahan bakar. Upaya tepat mengatasi masalah tersebut adalah .... a. memanfaatkan sumber daya alam secara optimal b. mencari alternatif sumber daya ekonomi yang lain c. meminta bantuan pihak asing untuk mengelolanya d. mengimpor sumber daya alam untuk kesejahteraan​

6.Eksploitasi sumber daya alam terus dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan. Jika sumber daya tidak terbarukan seperti bahan bakar dari fosil dieksploitasi terus-menerus, akan berpotensi terjadi kelangkaan bahan bakar. 

 

Upaya tepat mengatasi masalah tersebut adalah ....
a. memanfaatkan sumber daya alam secara optimal
b. mencari alternatif sumber daya ekonomi yang lain
c. meminta bantuan pihak asing untuk mengelolanya
d. mengimpor sumber daya alam untuk kesejahteraan​
 


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

26 November 2023 11:32

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya B</p><p>Upaya tepat untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil akibat eksploitasi yang berlebihan adalah dengan <strong>mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil</strong>. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:</p><ul><li><strong>Meningkatkan penggunaan energi terbarukan</strong>. Energi terbarukan adalah energi yang dapat diperbarui secara alami, seperti energi matahari, angin, air, dan panas bumi. Energi terbarukan dapat menjadi alternatif yang lebih berkelanjutan untuk menggantikan bahan bakar fosil.</li><li><strong>Meningkatkan efisiensi penggunaan energi</strong>. Masyarakat perlu didorong untuk menggunakan energi secara efisien agar dapat menghemat penggunaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan peralatan yang hemat energi, mematikan lampu saat tidak digunakan, dan menggunakan transportasi umum.</li><li><strong>Mengembangkan teknologi baru</strong>. Teknologi baru dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Misalnya, teknologi mobil listrik dapat membantu untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.</li></ul><p>Berikut adalah beberapa contoh upaya konkret yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil:</p><ul><li><strong>Pemerintah dapat memberikan subsidi untuk penggunaan energi terbarukan</strong>. Upaya ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan.</li><li><strong>Pemerintah dapat menerapkan kebijakan harga bahan bakar fosil yang lebih tinggi</strong>. Upaya ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan energi yang lebih efisien.</li><li><strong>Masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau bersepeda</strong>. Upaya ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar fosil.</li></ul><p>Upaya-upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil perlu dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, sangat diperlukan untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar.</p>

jawabannya B

Upaya tepat untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil akibat eksploitasi yang berlebihan adalah dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  • Meningkatkan penggunaan energi terbarukan. Energi terbarukan adalah energi yang dapat diperbarui secara alami, seperti energi matahari, angin, air, dan panas bumi. Energi terbarukan dapat menjadi alternatif yang lebih berkelanjutan untuk menggantikan bahan bakar fosil.
  • Meningkatkan efisiensi penggunaan energi. Masyarakat perlu didorong untuk menggunakan energi secara efisien agar dapat menghemat penggunaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan peralatan yang hemat energi, mematikan lampu saat tidak digunakan, dan menggunakan transportasi umum.
  • Mengembangkan teknologi baru. Teknologi baru dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Misalnya, teknologi mobil listrik dapat membantu untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak.

Berikut adalah beberapa contoh upaya konkret yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil:

  • Pemerintah dapat memberikan subsidi untuk penggunaan energi terbarukan. Upaya ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan energi terbarukan.
  • Pemerintah dapat menerapkan kebijakan harga bahan bakar fosil yang lebih tinggi. Upaya ini dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan energi yang lebih efisien.
  • Masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau bersepeda. Upaya ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar fosil.

Upaya-upaya untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil perlu dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, sangat diperlukan untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

13 Januari 2024 01:51

<p>jawabannya adalah A.</p><p>&nbsp;</p><p>Pernyataan ini didukung oleh fakta bahwa penggunaan sumber daya alam secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan dan kelangkaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti bahan bakar fosil. Dengan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal, kita dapat memperlambat kelangkaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.</p>

jawabannya adalah A.

 

Pernyataan ini didukung oleh fakta bahwa penggunaan sumber daya alam secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan dan kelangkaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti bahan bakar fosil. Dengan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal, kita dapat memperlambat kelangkaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

gunung kerinci sama gunung talamun terletak dipulau apa

43

5.0

Jawaban terverifikasi

mengapa negara italia dalam bebarapa hari,banyak yg meniggal...??? hayoooo yg nonton youtube tentang virus corona pasti tau niiii....😏😏

73

5.0

Lihat jawaban (2)