Nama S

05 Mei 2024 04:24

Iklan

Iklan

Nama S

05 Mei 2024 04:24

Pertanyaan

5.Sebutkan 4 langkah pemrosesan dasar pengolahan citra digital?

5.Sebutkan 4 langkah pemrosesan dasar pengolahan citra digital?


2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 12:46

Jawaban terverifikasi

<p><br>Terdapat empat langkah dasar dalam pemrosesan citra digital yang sering digunakan untuk memanipulasi dan meningkatkan kualitas gambar. Berikut adalah empat langkah tersebut:</p><p><strong>Prapemrosesan (Preprocessing):</strong> Langkah pertama dalam pemrosesan citra digital adalah prapemrosesan, yang bertujuan untuk mempersiapkan gambar untuk analisis lebih lanjut dengan menghilangkan gangguan atau noise yang tidak diinginkan, serta meningkatkan kualitas gambar. Prapemrosesan mencakup operasi seperti penajaman (sharpening), pelunakkan (smoothing), peningkatan kontras, dan penghilangan noise.</p><p><strong>Segmentasi:</strong> Langkah kedua adalah segmentasi, di mana gambar dibagi menjadi beberapa wilayah atau objek yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu seperti warna, tekstur, atau intensitas. Tujuan dari segmentasi adalah untuk memisahkan objek dari latar belakang dan mengidentifikasi wilayah yang menarik dalam gambar.</p><p><strong>Ekstraksi Fitur (Feature Extraction):</strong> Langkah ketiga adalah ekstraksi fitur, di mana fitur-fitur penting dari gambar diekstraksi untuk analisis lebih lanjut atau pengambilan keputusan. Fitur-fitur ini bisa berupa tepi, sudut, tekstur, pola, atau atribut lain yang memungkinkan identifikasi, klasifikasi, atau deteksi objek.</p><p><strong>Analisis dan Interpretasi:</strong> Langkah terakhir adalah analisis dan interpretasi, di mana fitur-fitur yang diekstraksi digunakan untuk memahami dan menginterpretasi isi visual dari gambar. Ini dapat mencakup pengenalan objek, deteksi pola, pengawasan keamanan, atau aplikasi lain yang membutuhkan pemahaman tentang informasi yang terkandung dalam gambar.</p>


Terdapat empat langkah dasar dalam pemrosesan citra digital yang sering digunakan untuk memanipulasi dan meningkatkan kualitas gambar. Berikut adalah empat langkah tersebut:

Prapemrosesan (Preprocessing): Langkah pertama dalam pemrosesan citra digital adalah prapemrosesan, yang bertujuan untuk mempersiapkan gambar untuk analisis lebih lanjut dengan menghilangkan gangguan atau noise yang tidak diinginkan, serta meningkatkan kualitas gambar. Prapemrosesan mencakup operasi seperti penajaman (sharpening), pelunakkan (smoothing), peningkatan kontras, dan penghilangan noise.

Segmentasi: Langkah kedua adalah segmentasi, di mana gambar dibagi menjadi beberapa wilayah atau objek yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu seperti warna, tekstur, atau intensitas. Tujuan dari segmentasi adalah untuk memisahkan objek dari latar belakang dan mengidentifikasi wilayah yang menarik dalam gambar.

Ekstraksi Fitur (Feature Extraction): Langkah ketiga adalah ekstraksi fitur, di mana fitur-fitur penting dari gambar diekstraksi untuk analisis lebih lanjut atau pengambilan keputusan. Fitur-fitur ini bisa berupa tepi, sudut, tekstur, pola, atau atribut lain yang memungkinkan identifikasi, klasifikasi, atau deteksi objek.

Analisis dan Interpretasi: Langkah terakhir adalah analisis dan interpretasi, di mana fitur-fitur yang diekstraksi digunakan untuk memahami dan menginterpretasi isi visual dari gambar. Ini dapat mencakup pengenalan objek, deteksi pola, pengawasan keamanan, atau aplikasi lain yang membutuhkan pemahaman tentang informasi yang terkandung dalam gambar.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

20. Perhatikan program sedehanan dibawah ini, Apa output dari kode program berikut setelah di Run? #include &lt;iostream&gt; using namespace std; int main() { int x = 10; x += 5; x /= 2; x -= 3; cout &lt;&lt; x &lt;&lt; endl; return 0; }

9

0.0

Jawaban terverifikasi