Sri A

01 Mei 2024 23:29

Iklan

Iklan

Sri A

01 Mei 2024 23:29

Pertanyaan

5. Jelaskan bagaimana pengarub pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi (perpindahan) penduduk di daerah sekitar

5. Jelaskan bagaimana pengarub pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi (perpindahan) penduduk di daerah sekitar


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Navniaaa N

02 Mei 2024 14:41

Jawaban terverifikasi

<p>Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk adalah meningkatkan migrasi penduduk, baik migrasi internal atau perpindahan penduduk dalam satu negara, maupun migrasi internasional atau perpindahan penduduk antarnegara.</p><p>Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.</p><p>&nbsp;</p><p>mungkin dampak negatif dari kegiatan migrasi berlebihan pada pusat Ekonomi atau kota adalah:&nbsp;</p><p><i><strong>Dampak Negatif :</strong></i><br><br>berkurangnya jumlah pendidikan di desa. terbentuknya daerah-daerah kumuh di kota. budaya kependudukan pindahan menjadi hilang karena terbawa budaya penduduk asli.</p><p>semoga membantu ⁠✿</p>

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi terhadap migrasi penduduk adalah meningkatkan migrasi penduduk, baik migrasi internal atau perpindahan penduduk dalam satu negara, maupun migrasi internasional atau perpindahan penduduk antarnegara.

Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

 

mungkin dampak negatif dari kegiatan migrasi berlebihan pada pusat Ekonomi atau kota adalah: 

Dampak Negatif :

berkurangnya jumlah pendidikan di desa. terbentuknya daerah-daerah kumuh di kota. budaya kependudukan pindahan menjadi hilang karena terbawa budaya penduduk asli.

semoga membantu ⁠✿


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

03 Mei 2024 14:20

Jawaban terverifikasi

<p>Pusat keunggulan ekonomi atau pusat pertumbuhan ekonomi adalah daerah atau kawasan yang memiliki aktivitas ekonomi yang kuat dan berkembang pesat. Ini bisa menjadi pusat industri, perdagangan, layanan, atau teknologi yang menarik banyak investasi, pekerja, dan penduduk.</p><p>Pusat keunggulan ekonomi memiliki pengaruh besar terhadap migrasi penduduk di daerah sekitarnya. Berikut adalah beberapa cara bagaimana pusat keunggulan ekonomi memengaruhi migrasi penduduk:</p><p><strong>Pekerjaan dan Peluang Ekonomi</strong>: Pusat keunggulan ekonomi menawarkan lebih banyak peluang kerja dan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Ini mendorong orang untuk berpindah ke pusat tersebut untuk mencari pekerjaan dan memanfaatkan peluang ekonomi yang lebih baik.</p><p><strong>Urbanisasi</strong>: Pusat keunggulan ekonomi sering kali merupakan kawasan perkotaan yang berkembang pesat. Ini mendorong urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan untuk mencari pekerjaan, pendidikan, layanan kesehatan, dan gaya hidup perkotaan.</p><p><strong>Infrastruktur dan Fasilitas</strong>: Pusat keunggulan ekonomi cenderung memiliki infrastruktur yang lebih baik, seperti transportasi umum, jaringan jalan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kesehatan yang lebih baik. Ini membuatnya lebih menarik bagi orang untuk tinggal dan bekerja di sana.</p><p><strong>Daya Tarik Sosial dan Budaya</strong>: Pusat keunggulan ekonomi sering kali memiliki kehidupan sosial dan budaya yang lebih dinamis, dengan berbagai kegiatan sosial, hiburan, dan fasilitas rekreasi. Ini membuatnya lebih menarik bagi individu untuk tinggal dan berpartisipasi dalam kehidupan kota yang beragam.</p><p><strong>Harga Tanah dan Biaya Hidup</strong>: Meskipun biaya hidup dan harga tanah mungkin lebih tinggi di pusat keunggulan ekonomi, peluang ekonomi yang lebih besar dan kualitas hidup yang lebih baik sering kali membenarkan biaya ini bagi banyak orang.</p><p><strong>Inovasi dan Pengembangan Karier</strong>: Pusat keunggulan ekonomi sering kali menjadi pusat inovasi dan pengembangan di berbagai sektor industri. Ini menarik individu yang mencari peluang untuk mengembangkan karier mereka di bidang-bidang yang berkembang pesat.</p><p><br>&nbsp;</p>

Pusat keunggulan ekonomi atau pusat pertumbuhan ekonomi adalah daerah atau kawasan yang memiliki aktivitas ekonomi yang kuat dan berkembang pesat. Ini bisa menjadi pusat industri, perdagangan, layanan, atau teknologi yang menarik banyak investasi, pekerja, dan penduduk.

Pusat keunggulan ekonomi memiliki pengaruh besar terhadap migrasi penduduk di daerah sekitarnya. Berikut adalah beberapa cara bagaimana pusat keunggulan ekonomi memengaruhi migrasi penduduk:

Pekerjaan dan Peluang Ekonomi: Pusat keunggulan ekonomi menawarkan lebih banyak peluang kerja dan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Ini mendorong orang untuk berpindah ke pusat tersebut untuk mencari pekerjaan dan memanfaatkan peluang ekonomi yang lebih baik.

Urbanisasi: Pusat keunggulan ekonomi sering kali merupakan kawasan perkotaan yang berkembang pesat. Ini mendorong urbanisasi, yaitu perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan untuk mencari pekerjaan, pendidikan, layanan kesehatan, dan gaya hidup perkotaan.

Infrastruktur dan Fasilitas: Pusat keunggulan ekonomi cenderung memiliki infrastruktur yang lebih baik, seperti transportasi umum, jaringan jalan, fasilitas pendidikan, dan fasilitas kesehatan yang lebih baik. Ini membuatnya lebih menarik bagi orang untuk tinggal dan bekerja di sana.

Daya Tarik Sosial dan Budaya: Pusat keunggulan ekonomi sering kali memiliki kehidupan sosial dan budaya yang lebih dinamis, dengan berbagai kegiatan sosial, hiburan, dan fasilitas rekreasi. Ini membuatnya lebih menarik bagi individu untuk tinggal dan berpartisipasi dalam kehidupan kota yang beragam.

Harga Tanah dan Biaya Hidup: Meskipun biaya hidup dan harga tanah mungkin lebih tinggi di pusat keunggulan ekonomi, peluang ekonomi yang lebih besar dan kualitas hidup yang lebih baik sering kali membenarkan biaya ini bagi banyak orang.

Inovasi dan Pengembangan Karier: Pusat keunggulan ekonomi sering kali menjadi pusat inovasi dan pengembangan di berbagai sektor industri. Ini menarik individu yang mencari peluang untuk mengembangkan karier mereka di bidang-bidang yang berkembang pesat.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebuah lingkaran jeri jarinya 12cm membentuk garis singgung sepanjang 16cm dari sebuah titik yang berada di luar lingkaran. Tentukan jarak pusat lingkaran dengan titik tersebut

11

0.0

Jawaban terverifikasi