Yosi A

03 Juli 2023 05:34

Iklan

Yosi A

03 Juli 2023 05:34

Pertanyaan

5. Coba anda jelaskan Apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam instrumen penilaian Hasil pembelajaran pkn yang digunakan oleh satuan pendidikan?

5. Coba anda jelaskan Apa saja syarat yang harus dipenuhi dalam instrumen penilaian Hasil pembelajaran pkn yang digunakan oleh satuan pendidikan?

 

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

00

:

34

:

17

Klaim

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Mdiki A

03 Juli 2023 13:13

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik. Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstuksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik. Panduan penilaian oleh pemerintah juga diatur dalam Permendikbud No. 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.</p><p>Semoga membantu ya&nbsp;</p>

Jawaban:

Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik. Instrumen penilaian yang digunakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian sekolah/madrasah memenuhi persyaratan substansi, konstuksi, dan bahasa serta memiliki bukti validitas empirik. Panduan penilaian oleh pemerintah juga diatur dalam Permendikbud No. 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan Dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.

Semoga membantu ya 


Iklan

Salsabila M

Community

14 Juli 2024 13:58

Jawaban terverifikasi

<p>Instrumen penilaian hasil pembelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) yang digunakan oleh satuan pendidikan biasanya harus memenuhi beberapa syarat agar dapat efektif dan relevan dalam mengevaluasi pencapaian pembelajaran siswa. Berikut adalah beberapa syarat umum yang harus dipenuhi dalam instrumen penilaian tersebut:</p><p><strong>Validitas</strong>: Instrumen penilaian harus valid, artinya dapat mengukur secara tepat dan akurat apa yang seharusnya diukur sesuai dengan tujuan pembelajaran PKN. Validitas dapat dikonfirmasi melalui analisis isi, pertimbangan ahli, dan uji coba.</p><p><strong>Reliabilitas</strong>: Instrumen penilaian harus reliabel, yaitu konsisten dalam memberikan hasil yang serupa jika diberikan kepada siswa yang memiliki tingkat pencapaian yang sama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa hasil penilaian mencerminkan kemampuan sebenarnya dari siswa.</p><p><strong>Objektivitas</strong>: Instrumen penilaian harus objektif, artinya tidak tergantung pada penilaian subjektif dari penilai. Penggunaan kriteria yang jelas dan standar penilaian yang sama bagi semua siswa sangat penting untuk menghindari bias dalam penilaian.</p><p><strong>Relevansi</strong>: Instrumen penilaian harus relevan dengan kompetensi yang ingin diukur dalam pembelajaran PKN. Isi dari instrumen harus sesuai dengan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.</p><p><strong>Komprehensif</strong>: Instrumen penilaian harus mencakup berbagai aspek dari pembelajaran PKN, seperti pengetahuan, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, sikap, dan nilai-nilai kewarganegaraan.</p><p><strong>Keterbacaan</strong>: Instrumen penilaian harus mudah dimengerti dan diinterpretasikan oleh siswa, sehingga mereka dapat menjawab dengan jujur dan tepat.</p><p><strong>Kehandalan</strong>: Instrumen penilaian harus praktis dan mudah diterapkan oleh pendidik. Hal ini termasuk waktu yang diperlukan untuk administrasi, penilaian, dan analisis hasil.</p><p><strong>Keterhubungan dengan Pembelajaran</strong>: Instrumen penilaian harus terhubung secara langsung dengan proses pembelajaran PKN yang dilakukan di dalam kelas. Ini memastikan bahwa evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir tetapi juga pada perkembangan dan pencapaian selama proses pembelajaran.</p>

Instrumen penilaian hasil pembelajaran PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) yang digunakan oleh satuan pendidikan biasanya harus memenuhi beberapa syarat agar dapat efektif dan relevan dalam mengevaluasi pencapaian pembelajaran siswa. Berikut adalah beberapa syarat umum yang harus dipenuhi dalam instrumen penilaian tersebut:

Validitas: Instrumen penilaian harus valid, artinya dapat mengukur secara tepat dan akurat apa yang seharusnya diukur sesuai dengan tujuan pembelajaran PKN. Validitas dapat dikonfirmasi melalui analisis isi, pertimbangan ahli, dan uji coba.

Reliabilitas: Instrumen penilaian harus reliabel, yaitu konsisten dalam memberikan hasil yang serupa jika diberikan kepada siswa yang memiliki tingkat pencapaian yang sama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa hasil penilaian mencerminkan kemampuan sebenarnya dari siswa.

Objektivitas: Instrumen penilaian harus objektif, artinya tidak tergantung pada penilaian subjektif dari penilai. Penggunaan kriteria yang jelas dan standar penilaian yang sama bagi semua siswa sangat penting untuk menghindari bias dalam penilaian.

Relevansi: Instrumen penilaian harus relevan dengan kompetensi yang ingin diukur dalam pembelajaran PKN. Isi dari instrumen harus sesuai dengan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Komprehensif: Instrumen penilaian harus mencakup berbagai aspek dari pembelajaran PKN, seperti pengetahuan, pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, sikap, dan nilai-nilai kewarganegaraan.

Keterbacaan: Instrumen penilaian harus mudah dimengerti dan diinterpretasikan oleh siswa, sehingga mereka dapat menjawab dengan jujur dan tepat.

Kehandalan: Instrumen penilaian harus praktis dan mudah diterapkan oleh pendidik. Hal ini termasuk waktu yang diperlukan untuk administrasi, penilaian, dan analisis hasil.

Keterhubungan dengan Pembelajaran: Instrumen penilaian harus terhubung secara langsung dengan proses pembelajaran PKN yang dilakukan di dalam kelas. Ini memastikan bahwa evaluasi tidak hanya berfokus pada hasil akhir tetapi juga pada perkembangan dan pencapaian selama proses pembelajaran.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan pelajar dalam rangka mendukung upaya bela negara adalah…

188

3.7

Jawaban terverifikasi

1.Bagaimana hubungan antar Perundang - undangan sesuai dg herarkis tata urutan ? 2. Simaklah beberapa peraturan perundangan apakah peraturan tersebut SBG terjemahan atas peraturan perundangan atau tumpang tindih ? ( UU no 12 Tahun 2011, UU no 23Tahun 2014, UU No 25 Tahun 2004 ) 3 . Tuliskan peraturan perundangan yg di undangkan atas perintah TAP MPR NO I / MPR/ 2003 4.sebutkan produk UU atas perintah UUD NRI Tahun 1945 ( pasal18, pasal 22, pasal 23, Pasal 26 , Pasal 27,pasal ,pasal 28, pasal 29, pasal 30 ,pasal 31 dan pasal 33 )

111

2.2

Lihat jawaban (3)