Danu A

22 Februari 2022 02:46

Iklan

Iklan

Danu A

22 Februari 2022 02:46

Pertanyaan

4.Pada tanggal 7 Ramadhan Bu Saidah memasak di dapur untuk persiapan berbuka puasa. Menu makanan yang disiapkan adalah kolak pisang dan sop kambing. Untuk memastikan cita rasanya sudah pas atau belum, Bu Saidah ingin mencicipi masakan tersebut, namun ia ragu-ragu karena khawatir batal puasanya. Bagaimana caranya agar puasa Bu Saidah tetap sah dan menu masakan yang disiapkan terjamin cita rasanya?


15

4

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

W. Ega

23 Februari 2022 05:02

Jawaban terverifikasi

Hallo Danu, kakak bantu jawab ya. Jawaban dari pertanyaan diatas adalah sebagai berikut : Tidak apa-apa jika seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu makanan selama tidak masuk sampai ke kerongkongan. Bentuknya bisa dengan meletakkan makanan di ujung lidahnya, dirasakan, kemudian dikeluarkan, dan tidak ditelan sedikitpun. Ibnu ‘Abbas mengatakan, لاَ بَأْسَ أَنْ يَذُوْقَ الخَلَّ أَوْ الشَّيْءَ مَا لَمْ يَدْخُلْ حَلْقَهُ وَهُوَ صَائِمٌ “Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf no. 9277. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ no. 937 mengatakan bahwa hadits ini hasan) Jadi, jawabannya seperti pada penjelasan di atas yaa. Semoga membantu.


Iklan

Iklan

Nazhiira S

22 Februari 2022 23:45

tidak apa-apa tetap mencicipinya, hanya di ujung lidah. itu hukumnya makruh (dikerjakan tidak apa-apa, ditinggalkan berpahala), maka sebaiknya ditinggalkan. supaya masakan itu biar pas rasanya, kita harus pas masukan bumbu sesuai takaran memasaknya, supaya masakan itu sudah sesuai rasanya & tak perlu dicicipi lagi.


Albar F

27 Februari 2022 01:50

tidak apa apa


Zaki Z

28 Februari 2022 07:47

Assalamu'alaikum


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Al-khulafa'u ar -rasyidun artinya.... A.Pemimpin yang mendapatkan gelar B.Pemimpin yang dihormati C.Pemimpin yang mendapat hidayah D.Pemimpin yang dikasihi

49

5.0

Jawaban terverifikasi

perhatikan surat QS an- Najm ayat 41, hukum tajwid pada ayat yang bergaris bawah secara berurutan? a.mad wajib mutahsil b.mad Jaiz munfasil c.mad shilah twawilah d.mad arit wi sukun

43

0.0

Lihat jawaban (2)