Mickent G

28 November 2023 10:15

Iklan

Iklan

Mickent G

28 November 2023 10:15

Pertanyaan

35. Perhatikan pernyataan berikut : 1. Pencacahan margasatwa 2. Inventaris laju produksi kelapa sawit 3. Perencanaan pengambilan kayu 4. Evaluasi pertumbuhan tanaman teh 5. Monitoring perubahan suhu 6. Pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan ditunjukkan pada nomor.... A. 1), 2), dan 3) B. 1), 3), dan 5) C. 2), 3), dan 4) D. 2), 4), dan 5) E. 3), 4), dan 5)


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Erwin A

Community

29 November 2023 23:25

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya A.1), 2), dan 3)</p><p>Pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan ditunjukkan dalam berbagai hal, antara lain:</p><ul><li><strong>Inventarisasi dan pemantauan sumber daya hutan</strong></li></ul><p>Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memetakan jenis vegetasi, luas kawasan hutan, dan potensi sumber daya hutan lainnya. Citra ini juga dapat digunakan untuk memantau perubahan tutupan hutan, seperti penebangan dan kebakaran hutan.</p><p><strong>Pemantauan penebangan dan reboisasi</strong></p><p>Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau aktivitas penebangan hutan dan reboisasi. Citra ini dapat digunakan untuk menghitung luas area yang ditebang atau direboisasi, serta jenis vegetasi yang ditebang atau ditanam kembali.</p><p><strong>Pengelolaan margasatwa</strong></p><p>Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau populasi satwa liar, habitat satwa liar, dan pola pergerakan satwa liar. Citra ini dapat digunakan untuk menyusun rencana pengelolaan satwa liar, seperti perlindungan dan pelestarian satwa liar.</p><p><strong>Rekreasi dan pariwisata</strong></p><p>Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memetakan potensi kawasan wisata hutan, seperti keindahan alam, kekayaan flora dan fauna, serta sejarah dan budaya. Citra ini dapat digunakan untuk mengembangkan kawasan wisata hutan yang berkelanjutan.</p><p>Secara umum, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan hutan. Citra ini dapat membantu para pemangku kepentingan hutan untuk membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan hutan.</p>

jawabannya A.1), 2), dan 3)

Pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan ditunjukkan dalam berbagai hal, antara lain:

  • Inventarisasi dan pemantauan sumber daya hutan

Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memetakan jenis vegetasi, luas kawasan hutan, dan potensi sumber daya hutan lainnya. Citra ini juga dapat digunakan untuk memantau perubahan tutupan hutan, seperti penebangan dan kebakaran hutan.

Pemantauan penebangan dan reboisasi

Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau aktivitas penebangan hutan dan reboisasi. Citra ini dapat digunakan untuk menghitung luas area yang ditebang atau direboisasi, serta jenis vegetasi yang ditebang atau ditanam kembali.

Pengelolaan margasatwa

Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau populasi satwa liar, habitat satwa liar, dan pola pergerakan satwa liar. Citra ini dapat digunakan untuk menyusun rencana pengelolaan satwa liar, seperti perlindungan dan pelestarian satwa liar.

Rekreasi dan pariwisata

Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memetakan potensi kawasan wisata hutan, seperti keindahan alam, kekayaan flora dan fauna, serta sejarah dan budaya. Citra ini dapat digunakan untuk mengembangkan kawasan wisata hutan yang berkelanjutan.

Secara umum, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan hutan. Citra ini dapat membantu para pemangku kepentingan hutan untuk membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan hutan.


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

14 Maret 2024 01:43

<p>Penggunaan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan biasanya melibatkan berbagai kegiatan, termasuk:</p><p><strong>Pencacahan Margasatwa</strong>: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menghitung populasi margasatwa di area hutan tertentu.</p><p><strong>Perencanaan Pengambilan Kayu</strong>: Citra penginderaan jauh dapat membantu dalam pemetaan jenis dan distribusi pohon di hutan, yang dapat digunakan dalam perencanaan pengambilan kayu secara berkelanjutan.</p><p><strong>Monitoring Perubahan Suhu</strong>: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau perubahan suhu di area hutan, yang penting untuk memahami pola iklim dan dampaknya terhadap ekosistem hutan.</p><p><strong>Evaluasi Pertumbuhan Tanaman Teh</strong>: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memonitor pertumbuhan dan kondisi tanaman teh di perkebunan teh.</p><p>Dengan demikian, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan ditunjukkan pada nomor <strong>(E) 3), 4), dan 5)</strong>.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Penggunaan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan biasanya melibatkan berbagai kegiatan, termasuk:

Pencacahan Margasatwa: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menghitung populasi margasatwa di area hutan tertentu.

Perencanaan Pengambilan Kayu: Citra penginderaan jauh dapat membantu dalam pemetaan jenis dan distribusi pohon di hutan, yang dapat digunakan dalam perencanaan pengambilan kayu secara berkelanjutan.

Monitoring Perubahan Suhu: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memantau perubahan suhu di area hutan, yang penting untuk memahami pola iklim dan dampaknya terhadap ekosistem hutan.

Evaluasi Pertumbuhan Tanaman Teh: Citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk memonitor pertumbuhan dan kondisi tanaman teh di perkebunan teh.

Dengan demikian, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang kehutanan ditunjukkan pada nomor (E) 3), 4), dan 5).

 

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

indonesia merupakan negara yang sangat subur yang mana sektor pertanian sangat berpotensi untuk menjadi pendorong kemajuan nasional, namun saaat ini sektor agrikutur masih mengalami banyak hambatan, jelaskan yang menjadi penghambat perkembangan agrikultur di indonesia

618

0.0

Jawaban terverifikasi