Kanaya N

26 Mei 2024 23:32

Iklan

Iklan

Kanaya N

26 Mei 2024 23:32

Pertanyaan

35. Contoh akulturasi seni rupa/seni ukir antara kebudayaan budha dan kebudayaan nusantara dapat ditemukan di relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagar langkan Candi Borobudur yang berupa pahatan riwayat sang Budha. Di sekitar Sang Budha tergambar lingkungan alam Indonesia seperti a. kereta kuda dan sumur tua b. rumah panggung dan burung merpati c. kebun nanas d. sawah dan ladang e. kebun kopi dan tembakau


12

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

27 Mei 2024 00:08

Jawaban terverifikasi

【Jawaban】: b) Rumah panggung dan burung merpati 【Penjelasan】: Akulturasi seni rupa/seni ukir antara kebudayaan Budha dan kebudayaan Nusantara dapat ditemukan di relief yang dipahatkan pada dinding-dinding pagar langkan Candi Borobudur. Relief tersebut menggambarkan riwayat Sang Budha dan lingkungan alam Indonesia. Salah satu contoh yang dapat ditemukan adalah gambaran rumah panggung dan burung merpati, yang merupakan simbol kebudayaan Nusantara. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah b) Rumah panggung dan burung merpati.


Iklan

Iklan

Navniaaa N

27 Mei 2024 02:28

Jawaban terverifikasi

<p>b. Rumah panggung dan Burung merpati&nbsp;</p><p>penjelasan bentuk akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dengan kebudayaan asli Indonesia pada Candi Borobudur dapat dilihat dari <strong>bangunannya yang berbentuk punden-berundak</strong>. bentuk akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dengan kebudayaan asli Indonesia pada Candi Borobudur dapat dilihat dari bangunannya yang berbentuk punden-berundak, rumah panggung, dan burung merpati khas.&nbsp;</p><p>Dengan demikian, Candi Borobudur merupakan salah satu hasil akulturasi antara budaya prasejarah dengan budaya/pengaruh India. Secara garis besar hal itu tercermin dari keberadaan stupa pusat dan stupa-stupa lainnya (unsur Buddha) yang diletakkan di atas struktur berundak (unsur prasejarah/lokal).</p>

b. Rumah panggung dan Burung merpati 

penjelasan bentuk akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dengan kebudayaan asli Indonesia pada Candi Borobudur dapat dilihat dari bangunannya yang berbentuk punden-berundak. bentuk akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dengan kebudayaan asli Indonesia pada Candi Borobudur dapat dilihat dari bangunannya yang berbentuk punden-berundak, rumah panggung, dan burung merpati khas. 

Dengan demikian, Candi Borobudur merupakan salah satu hasil akulturasi antara budaya prasejarah dengan budaya/pengaruh India. Secara garis besar hal itu tercermin dari keberadaan stupa pusat dan stupa-stupa lainnya (unsur Buddha) yang diletakkan di atas struktur berundak (unsur prasejarah/lokal).


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Relief merupakan hasil seni pahat sebagai pengisi bidang datar pada bagian dinding candi yang melukiskan suatu cerita atau kisah. Relief pada candi di Jawa Tengah dipahatkan lebih naturalis dan timbul agak tinggi atau tiga dimensi, sedangkan relief yang terdapat pada candi- candi di Jawa Timur terlihat kaku dan timbul sedikit atau dua dimensi. Salah satu candi di Jawa Timur yang memiliki relief adalah candi Jago. Berikut ini cerita atau kisah yang dipahatkan di candi Jago adalah.

33

0.0

Jawaban terverifikasi