Suriani S

13 Oktober 2020 02:43

Iklan

Suriani S

13 Oktober 2020 02:43

Pertanyaan

3 unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks iklan, slogan dan poster

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

12

:

09

:

10

Klaim

2

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

T. TA.Faizah

25 Maret 2022 12:36

Jawaban terverifikasi

Hai, Suriani S. Terima kasih sudah bertanya ke Roboguru. Kakak bantu jawab ya ๐Ÿ˜Š Unsur kebahasaan iklan, slogan, dan poster adalah (1) Menggunakan kalimat yang bersifat mengajak; (2) Menggunakan kalimat yang bermakna perintah; (3) Menggunakan kalimat fakta dan opini; (4) Menggunakan subjek orang pertama; (5) Menggunakan kata-kata berupa singkatan; dan (6) Menggunakan kalimat simpleks. Mari kita simak pembahasan berikut ini ya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan ialah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Ciri-ciri iklan sebagai berikut. a. Isi yang jelas. Isi iklan disarankan singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak. b. Informatif, artinya bersifat memberi informasi. Iklan harus bersifat menerangkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. c. Bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Iklan harus menggunakan bahasa yang mudah pahami dan di mengerti sebab memang iklan sendiri tujuannya agar orang ingin dan mau mencoba serta menggunakan produk atau jasa yang diiklankan d. Iklan dikemas agar menarik perhatian dan minat para pembacanya. Sehingga seseorang ingin mencoba apa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. e. Bersifat mengajak. Iklan yang harus memliki sifat mengajak yang bertujuan agar dapat menarik simpatik banyak orang untuk mencoba dan memakai apa yang diiklankan. Slogan merupakan kalimat atau ujaran singkat yang menarik sehingga mudah untuk diingat oleh pembacanya. Slogan bertujuan untuk membangkitkan semangat dan motivasi pembaca sehingga lebih mementingkan kehematan kata dan kepadatan makna. Ciri-ciri slogan sebagai berikut. a. Memberikan penekanan pada penggunaan kalimat. b. Kalimat singkat, menarik, dan mudah diingat. c. Membangkitkan semangat dan motivasi pembaca. d. Mengandung ajakan positif. Poster ialah pengumuman berupa gambar atau tulisan yang dipasang di tempat umum yang strategis, misalnya sekolah, pasar, jalan raya, dan sebagainya. Poster menggunakan kata-kata yang singkat, jelas, menarik, lengkap, dan disertai dengan gambar. Tujuan pembuatan poster ialah untuk mengumumkan atau mempublikasikan sesuatu yang bersifat mengajak khalayak ramai. Ciri-ciri poster sebagai berikut. a. Mengandung gambar untuk mewakili isi poster. b. Menggunakan kata-kata yang singkat, jelas menarik, dan lengkap. c. Bertujuan untuk mengumumkan atau mengajak pembaca. d. Dipasang di tempat umum. e. Ditujukan kepada khalayak ramai. Unsur kebahasaan iklan, slogan, dan poster sebagai berikut. a. Menggunakan kalimat yang bersifat mengajak. b. Menggunakan kalimat yang bermakna perintah. c. Menggunakan kalimat fakta dan opini. d. Menggunakan subjek orang pertama. e. Menggunakan kata-kata berupa singkatan. f. Menggunakan kalimat simpleks. Dengan demikian, unsur kebahasaan iklan, slogan, dan poster adalah (1) Menggunakan kalimat yang bersifat mengajak; (2) Menggunakan kalimat yang bermakna perintah; (3) Menggunakan kalimat fakta dan opini; (4) Menggunakan subjek orang pertama; (5) Menggunakan kata-kata berupa singkatan; dan (6) Menggunakan kalimat simpleks. Semoga membantu ๐Ÿ˜Š


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan berimprovisasi dalam bermain drama?

2

5.0

Jawaban terverifikasi