Zalfa W

12 Maret 2020 07:01

Iklan

Iklan

Zalfa W

12 Maret 2020 07:01

Pertanyaan

3 pola aliran sungai dengan lokasi terbentuknya?


14

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

D. Junior

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

25 Desember 2021 01:46

Jawaban terverifikasi

Hallo Zalfa, saya bantu jawab pertanyaan kamu yaa.. Pola aliran sungai menurut lokasi terbentuknya terbagi menjadi dendritik, rektangular, trellis, dan radial. Berikut adalah penjelasannya. Sungai adalah aliran air yang berukuran besar dan memanjang yang mengalir terus menurus dari hulu menuju hilir. Aliran sungai secara alami membentuk pola secara alami mengikuti topografi, jenis tanah dan batuan, geologi, kemiringan serta faktor lainnya. Berdasarkan lokasi terbentuknya, pola aliran sungai terbagi menjadi berikut : 1. Pola aliran sungai dendritik ; adalah pola aliran dengan cabang-cabang sungai menyerupai garis penampang atau pertulangan daun. Jenis pola aliran ini dikontrol oleh litologi yang homogen. 2. Pola sungai rektangular ; adalah pola aliran yang umumnya terdapat di wilayah batuan beku. Bentuk alur sungai ini lurus mengikuti struktur patahan dengan ditandai bentuk sungai yang tegak lurus. Pola sungai rektengular biasanya berkembang pada batuan yang resisten terhadap erosi, tipe erosi cenderung seragam, namun dikontrol oleh kekar dua arah dengan sudut yang saling tegak lurus. 3. Pola aliran sungai trellis ; adalah pola aliran yang bentuknya mirip seperti pagar yang dikontrol oleh struktur geologi berupa lipatan sinklin dan antiklin. Sungai dengan aliran tralis memiliki ciri berupa kumpulan saluran air yang bentuknya sejajar, mengalir mengikuti kemiringan lereng dan tegak lurus terhadap aliran utamanya. Umumnya arah saluran utama searah dengan sumbu lipatan. 4. Pola aliran radial ; adalah pola sungai dengan aliran yang arahnya terdistribusi atau menyebar secara radial dari ketinggain tertentu menuju daerah bawah. Bentuknya menyerupai gunung berapi atau puncak intrusi magma. Pola sungai radial mengikuti kontur muka bumi yang cembung dan menjadi asal mula sungai konsekuen. Pola aliran sungai jenis radial juga dapat ditemukan pada bentukan-bentukan bentangan alam kubak dan laccolith. Pada jenis bentang alam ini, aliran sungai akan membentuk pola kombinasi radial dan annular. Semoga membantu yaa..


Iklan

Iklan

Arif F

12 Maret 2020 13:37

Pola Aliran Sungai Rektangular Secara umum, sungai yang memiliki pola aliran rektangular inialirannya dikontrol oleh struktur geologi, seperti struktur rekahan dan juga patahan.  Pola Aliran Sungai Trellis Trellis biasanya kita kenal dengan pagar. Memang benar, seperti namanya, pola aliran sungai trellis ini adalah sungai yang alirannya menyerupai pagar yang dikontrol oleh struktur geologi berupa lipatan sinklin dan antiklin. Pola Aliran Sungai Radial Sentripetal Pola aliran sungai selanjutnya adalah pola aliran sungai radial sentripetal. Pola aliran sungai ini sama- sama bernama radial, hanya saja ada tambahan sentripetral.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut ! Bulan lalu kebakaran hutan terjadi di Kalimantan Selatan. Penyebab kebakaran tersebut terjadi karena musim kemarau yang panjang sehingga memicu percikan api di lahan gambut.Pendekatan geografi yang tepat sesuai dengan paragraf di atas adalah.... 

4

5.0

Lihat jawaban (1)