Andika A

26 November 2020 02:01

Pertanyaan

2. Benda P dilepaskan tanpa kecepatan awal dari ketinggian 20 m. Pada saat yang bersamaan benda Q dilemparkan dengan arah horisontal dengan kelajuan 15 m/s dari ketinggian yang sama, maka …. A. kedua benda sampai di tanah secara bersamaan B. benda Q lebih dahulu menyentuh tanah C. benda P lebih dahulu menyentuh tanah D. lintasan kedua benda berupa garis lurus E. ketika sampai di tanah keduanya memiliki kecepatan yang sama


11

1

Jawaban terverifikasi

F. Afrianto

05 Maret 2022 14:14

Jawaban terverifikasi

Halo Andika, terima kasih sudah bertanya, kakak bantu jawab ya :) Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah A Diketahui: h₁ = h₂ = 20 m Ditanya: t₁ dan t₂ = ? Benda P dijatuhkan tanpa kecepatan awal secara vertikal, maka waktu yang dibutuhkannya untuk mencapai tanah adalah: t = √(2h/g) Sementara itu benda Q dilemparkan horizontal dengan kecepatan 15 m/s, artinya benda Q hanya memiliki komponen kecepatan pada sumbu x, sementara itu benda Q ini juga tidak memiliki kecepatan awal pada sumbu vertikalnya. Dengan asumsi tidak ada gaya pada sumbu horizontal, maka waktu yang dibutuhkan benda Q ini untuk mencapai tanah juga dapat ditentukan dengan persamaan: t = √(2h/g) karena h₁ = h₂, maka t₁ = t₂. Jadi, kedua benda akan sampai di tanah secara bersamaan.


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

sebuah batu kecil dilempar ke atas dan mendatar di sebuah papan yang terletak 2 m diatas titik pelemparan. jika kecepatan awal batu dilempar ke atas adalah 7 m/s. kecepatan batu ketika mengenai sasaran adalah...(petunjuk: arah atas adalah arah positif)

26

0.0

Jawaban terverifikasi